Minggu, 19 Mei, 2024

Pengamat: Keputusan PDIP Duetkan Ganjar-Mahfud MD Tepat

MONITOR, Jakarta – Direktur Eksekutif Lingkar Studi Politik Milenial, Imron Wasi menilai keputusan PDI Perjuangan memilih Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo sudah tepat. Menurutnya, langkah itu dilakukan untuk segmen pemilih dari pemilih muslim, termasuk warga atau pemilih NU.

Alumni FISIP Universitas Indonesia itu berpandangan Ganjar Pranowo selama ini memiliki kekuatan di basis masa kelompok nasionalis sangat tepat jika berkolaborasi dengan Mahfud MD. Dengan begitu kekuatan nasionalis-Islam bisa menjadi kekuatan yang ideal untuk meraih kemenangan.

“Sangat rasional bagi PDIP untuk mengambil Mahfud MD sebagai cawapres dari Ganjar, karena PDIP merepresentasikan kelompok nasionalis, sudah tentu mereka membutuhkan keterwakilan Islam, terlebih figur Mahfud MD ini juga secara kultural merupakan bagian dari NU,” kata Imron Wasi saat dihubungi pada Rabu (18/10/2023).

Efeknya, lanjut Imron bisa berimplikasi terhadap ceruk pemilih PKB yang akan tergerus di wilayah Jawa Timur.

- Advertisement -

“Mahfud MD ini kan pria asal Madura dengan segala pengalamannya di lembaga trias politica. Jadi, secara teritorial politik ini ada pengaruh yang besar untuk menambah kans kemenangan Ganjar dan PDIP,” sambungnya.

“Sebab, Jawa Timur menjadi wilayah yang daftar pemilih tetap terbanyak kedua setelah Jawa Barat. Meskipun, wilayah Jatim diklaim wilayah basis PKB. Artinya, jika dua wilayah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur dikuasai, sudah tentu kans kemenangan akan semakin terbuka bagi duet Ganjar-Mahfud MD,” tambahnya

Ia juga menambahkan bahwa pemilih Mahfud MD juga tersebar secara merata, baik di Pulau Jawa maupun Luar Pulau Jawa.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengumumkan calon wakil Presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.

Hal ini diumumkan secara langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim,maka calon wakil presiden yang dipilih PDI-P yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak MahfudMD,” kata Megawati di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER