Sabtu, 27 April, 2024

5 Langkah Mudah Kurangi Stress Tanpa Bikin Kantong Kering!

MONITOR, Jakarta – World Mental Health Day jatuh pada tanggal 10 Oktober. World Mental Health Day memperingati pentingnya untuk menjaga kesehatan mental kamu. Terkadang, masalah pekerjaan bisa menjadi salah satu stressor paling kuat yang mempengaruhi kesehatan mentalmu. Beban pekerjaan, lingkungan, dan persaingan yang tidak sehat bisa membuat kesehatan mentalmu semakin buruk bila tidak diatasi secara lanjut.

Kesehatan mental kamu dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan bahkan kesehatan finansial kamu. Coach Pris, Founder Stress Management Indonesia mengatakan “Bila kamu tidak menjaga kesehatan mental dengan cara yang tepat, kamu akan menumpuk beban pikiran, mempercepat burnout, dan menambah beberapa masalah mental dan finansial. Maka dari itu, bila kondisi fisik dan mental kamu prima, kamu juga bisa menjaga dan mengelola keuanganmu dengan baik.”

Berikut ini adalah cara-cara untuk mengurangi stress dan mencegah burnout serta depresi tanpa bikin kantong kering:

Terapkan Gaya Hidup Sehat
Kamu bisa memulai untuk menjaga kesehatan mentalmu dengan merawat diri sebaik mungkin. Jangan lupa untuk tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan minum air secukupnya. Olahraga juga bisa membantu kamu untuk lebih bugar dan fokus untuk menghadapi aktivitas lainnya. Dengan menjaga diri lebih baik, pikiranmu menjadi lebih tenang. Selain itu, tubuh kamu juga akan terasa lebih segar.

- Advertisement -

Bersosialisasi & Kembangkan Rasa Bersyukur
Kamu tidak harus menghadapi dan melakukan semua hal sendirian. Bila kamu merasa beban emosimu menumpuk, atau kelelahan akibat overthinking, kamu bisa bercerita dan bersosialisasi dengan orang-orang terdekat. Bantuan dan pengertian dari orang-orang yang kamu percayai sangat berarti untuk kesehatan mentalmu. Selain itu, kamu juga bisa menumbuhkan rasa bersyukur yang lebih dalam. Dengan bersyukur, kamu bisa lebih menikmati dan menghayati hidup.

Mempraktikan Mindfulness dengan Journaling
Kamu bisa mempraktekkan mindfulness secara perlahan. Kamu bisa mencoba journaling untuk mendokumentasikan hal-hal yang membuat hidupmu lebih bermakna. Selain itu, journaling dapat membantu kamu meregulasi perasaan dan pikiranmu sehingga kamu bisa menghindari overthinking, salah satu faktor burnout. Journaling juga bisa membantu kamu untuk menulis lebih baik.

Mengurangi stressor
Sangat penting untuk mengurangi penyebab stress dan overthinkingmu jika kamu ingin menenangkan pikiranmu. Bila kamu merasa lelah dengan hidup, pekerjaan, dan urusan lainnya, kamu bisa beristirahat sejenak. Kamu tidak harus bekerja 24/7 dan overthinking banyak hal. Pekerjaan bisa menunggu setelah kamu merasa lebih baik. Kamu tidak seharusnya mengorbankan kesehatan mentalmu untuk pekerjaanmu.

Menikmati Hal-hal yang Kamu Sukai
Semua orang pasti punya hobi yang mereka sukai. Dengan menikmati hobimu, kamu akan merasa lebih menikmati hidup. Jika masih bingung dengan hobimu, kamu bisa mencoba beberapa aktivitas outdoor seperti yoga atau jalan-jalan di alam terbuka. Selain itu, beberapa hobi bisa dilakukan di dalam rumah, seperti menonton film, melukis, dan masih banyak lainnya.

Ingatlah bahwa kamu berarti dan kehidupan tidak akan selalu kelam dan sulit. Akan selalu ada harapan dan hal-hal baik yang terjadi pada dirimu. Dengan menjaga kesehatan mental dan fisik dirimu, kamu bisa belajar untuk menyayangi diri sendiri dan menghargai kehidupan. Bila kamu pernah memiliki bayang-bayang untuk mengakhiri hidupmu sendiri, ingatlah bahwa kamu tidak sendirian dan kehidupan yang kamu miliki sangatlah berharga, tetaplah jalani hidup walaupun hidup terkadang berat dan pahit. Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan mental.

Bila kamu masih merasa sangat kewalahan meskipun kamu sudah mengikuti kiat-kiat di atas, Stress Management Indonesia siap berada di sisimu. Stress Management Indonesia dapat membantumu menjaga kesehatan mental melalui program dan aplikasi yang sudah kami sediakan di sini. Selamat mencoba!

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER