Sabtu, 27 April, 2024

Asyik! 82.498 Warga Depok Terima Bantuan Beras

MONITOR, Depok – Sebanyak 82.498 warga Kota Depok menerima bantuan beras dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui Bulog. Bantuan beras ini disalurkan untuk periode September hingga November 2023, dengan setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima total 30 kilogram (kg) beras.

“Bantuan beras dari Bapanas melalui Bulog ini merupakan tahap kedua bagi 82.498 KPM di Depok, yang pendistribusiannya dilakukan selama tiga bulan berturut-turut,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani, dilansir dari situs resmi Pemkot Depok, Kamis (28/09/2023).

“Setiap bulan diberikan 10 kg per KPM, sehingga total yang diberikan adalah 30 kg,” sambungnya.

Widyati menjelaskan, data penerima bantuan beras di Depok berasal dari Bapanas, yang selanjutnya diserahkan kepada Bulog. Kemudian Bulog berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok untuk melakukan cross check data penerima tersebut, sehingga bisa tepat sasaran.

- Advertisement -

“Jika data penerima bantuan beras sudah tepat sasaran, baru pendistribusiannya dilakukan oleh PT Pos Indonesia,” ungkapnya.

Disebutkan Widyati, dalam pendistribusian bantuan beras tersebut, Pemkot Depok hanya melakukan monitoring dan pengawasan. Seperti tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dinsos untuk memastikan pendataan KPM yang diberikan Bulog dari Bapanas.

Sedangkan tupoksi DKP3 untuk memastikan kualitas beras yang diberikan kepada masyarakat.

“Kami DKP3 juga membantu mengecek kualitas beras dan membangun koordinasi dengan stakeholder terkait,” tutur Widyati.

Sementara itu, Kepala Subdivre Bulog Cianjur, Renato Horison menuturkan, penyaluran bantuan beras tahap pertama sudah dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2023 bagi 92.047 KPM di Depok.

Kemudian, penyaluran bantuan beras tahap kedua mulai dilaksanakan bulan September hingga November 2023 bagi 82.498 KPM di Depok.

Menurutnya, jumlah KPM di tahap kedua yang berkurang ini dikarenakan saat ini masih dalam proses pendataan dari pusat.

“Nanti jika ada penyempurnaan data untuk yang belum dapat akan mendapatkan sekaligus dua dan seterusnya. Hingga saat ini penyaluran bantuan beras pemerintah ini sudah mencapai 85 persen di Kota Depok,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER