Senin, 29 April, 2024

Pemkab Bogor Ajak Ormas Berperan Aktif Tingkatkan Perekonomian

MONITOR, Bogor – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bogor mengajak organisasi masyarakat untuk ikut serta meningkatkan perekonomian Kabupaten Bogor.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin, saat mewakili Bupati Bogor membuka kegiatan Coffee Morning Pemdakab Bogor bersama organisasi kemasyarakatan di halaman kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Cibinong, belum lama ini.

Sekda Burhanudin mengapresiasi organisasi masyarakat atas dedikasi dan kontribusinya selama ini memberikan dorongan, motivasi, bahkan membantu Pemdakab Bogor mengawal program pembangunan, salah satunya program meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM yang berdaya.

“Berhasilnya pembangunan sebagai pengamalan Pancasila tergantung dari partisipasi seluruh masyarakat serta pada sikap mental, tekad, semangat, ketaatan dan disiplin para penyelenggara negara. Kita berdiskusi dalam kegiatan Compas adalah wujud kolaborasi antara Pemkab Bogor bersama ormas dalam membangun Kabupaten Bogor,” ungkapnya dikutip, Minggu (24/09/2023).

- Advertisement -

Burhanudin menambahkan, di tengah tantangan perekonomian global, seluruh pemangku kepentingan koperasi, UMKM, perdagangan, perindustrian dan ekonomi kreatif, harus bersinergi mengkapitalisasi peluang sekecil apapun untuk menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif.

“Pemkab Bogor melalui dinas teknis terkait, terus berupaya memberikan dukungan dan pendampingan bagi IKM dan UMKM agar mampu meningkatkan tingkat bisnisnya, melalui fasilitas pendampingan perizinan, produksi, pengemasan, sertifikasi dan sebagainya,” imbuhnya.

Burhanudin meminta para pelaku UMKM terus meningkatkan kapasitasnya, baik dalam hal teknik produksi, manajemen, dan pemasaran serta memperluas jejaring dengan pemangku kepentingan dan sesama pelaku UMKM.

“Dengan sinergi, kolaborasi dan kemitraan yang baik antara Pemkab Bogor bersama pemangku kepentingan, insyaAllah potensi UMKM Kabupaten Bogor dapat terangkat, naik kelas, maju, berkembang dan sejahtera,” ujarnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bogor, Bambang W. Tawekal menjelaskan, kegiatan Compas hari ini adalah angkatan yang ke lima dan diikuti sekitar 27 ormas. Pemdakab Bogor mengajak ormas untuk sama-sama berkontribusi positif bagi pemerintah dalam mengatasi permasalahan yang ada di Kabupaten Bogor dalam bentuk diskusi.

“Hasil dari diskusi hari ini akan kami rekomendasikan kepada dinas terkait, harapannya permasalahan yang ada di lapangan bisa dituntaskan berdasarkan usulan dan aspirasi masyarakat,” katanya.

Bambang menyampaikan, semoga kedepan sinergitas antara Pemdakab Bogor dengan ormas berjalan dengan baik dan harmonis untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Acara ini juga sebagai wadah, memberikan bekal terkait upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM yang mampu memperluas lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan,” katanya.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bakesbangpol beserta jajarannya, serta perwakilan Ormas di Kabupaten Bogor. Acara diisi narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor, serta kalangan pengusaha.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER