Sabtu, 27 April, 2024

TNI Gadungan yang Tipu Eks Camat Pancoran Mas Depok Diserahkan ke Polisi

MONITOR, Depok – Unit Intel Kodim 0508/Depok berhasil mengamankan seorang TNI AD gadungan berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) di Kantor Kecamatan Cipayung, Kota Depok pada Jumat 15 September 2023.

Pelaku yang diketahui bernama Rahman Nudin tersebut sempat menipu eks Camat Pancaron Mas (Panmas), Syaiful Hidayat.

Rahman Nudin menipu Syaiful Hidayat sebesar Rp 38 juta. Uang tersebut untuk memuluskan perpindahan anaknya yang bertugas di NTT agar dapat pindah ke Kota Depok.

“(Ditipu berapa) Rp 38 jt, untuk bantu pindah anaknya dari NTT ke Depok,” kata Rahman Nudin, saat ditemui di Markas Kodim Depok, Jumat (15/09/2023).

- Advertisement -

Selain Syaiful Hidayat, Rahman Nudin diketahui juga sempat menipu satu warga Depok lainnya yang ingin mengurus sertifikat tanah. Namun, dari aksi yang ia lakukan ini belum membuahkan hasil lantaran keburu diamankan jajaran Unit Intel Kodim 0508/Depok.

“Ada, satu orang yang mau urus sertifikat. Belum (dapat hasil), belum,” ungkapnya.

Dandim 0508/Depok, Letnan Kolonel (Letkol) Inf Totok Prio Kismanto mengatakan, pelaku telah diserahkan ke Polres Metro Depok untuk menjalani proses hukum atas perbuatan yang telah ia lakukan.

“Sudah kita serahkan ke Polres Metro Depok pada Jumat (15/09) malam,” kata Totok, Senin (18/09/2023).

Totok menyebut, penangkapan TNI AD gadungan itu dilakukan berdasarkan laporan dari warga yang mengaku telah ditipu Rp 38 juta. Menindak lanjuti informasi itu, jajaran Intel Kodim 0508/Depok melakukan penelusuran.

“Setelah ditelusuri, ternyata benar bahwa pelaku ini benar mengaku dan menggunakan seragam TNI. Dari pengakuannya, korban yang ditipu baru satu, mantan Camat Pancoran Mas,” pungkas Totok.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER