Senin, 29 April, 2024

Slalu Hadirkan Inovatif Pertanian, Mentan Raih Penghargaan

MONITOR, Jakarta – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), menerima penghargaan pada acara Merdeka Awards Kategori Program Inovatif untuk Negeri. Penghargaan ini diberikan kepada perorangan, kelompok masyarakat, pelaku bisnis, hingga institusi yang berhasil memberi sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Kementerian Pertanian (Kementan) dinilai berhasil melakukan terobosan dan inovasi yang berdampak positif terhadap kinerja pertanian di Indonesia.

Saat menerima penghargaan secara langsung di SCTV Tower Jakarta, Mentan SYL menyebut penghargaan ini sama maknannya dengan menghargai kinerja pertanian selama ini, penghargaan ini dianggap Mentan juga sebagai cara dalam menghargai kerja keras para petani di lapangan.

“Menghargai pertanian adalah suatu kewajiban, kita tidak bisa hidup tanpa pertanian, pertanian itu kekuatan dan sumber daya paling besar bagi bangsa ini, penghargaan ini sangat berarti bagi kami, dan kami dedikasikan penghargaan ini untuk para petani” kata Mentan SYL usai menerima penghargaan.

Lebih lanjut ia menyampaikan inovasi dan teknologi sangat penting untuk dilakukan, karena kedepan sektor pertanian akan menghadapi tantangan dan tekanan yang cukup besar, sehingga upaya penanggulangan yang komperehensif dan kolaboratif wajib untuk dilakukan.

- Advertisement -

“Pertanian sangat diperlukan dalam situasi saat ini, untuk itu dalam membangun pertanian kedepan kita butuh semangat dan inovasi untuk menghadirkan teknologi yang lebih bermanfaat dalam pembangunan pertanian kedepan” ungkapnya.

Penghargaan Program Inovatif Untuk Negeri ini diberikan atas dasar tiga penilaian, Kementan dinilai memiliki program dan terobosan seperti Taxi Alsintan, Petani Milenial, dan Aplikasi Pesan Alsintan Via Online yang dianggap memiliki kriteria sebagai Program Inovatif Kemandirian Ekonomi, Program Inovatif Bidang Pelayanan Publik, dan Program Inovatif Pendukung Digitalisasi.

Menurut Pemimpin Redaksi Merdeka.com, Darojatun, Negeri ini butuh banyak inspirasi. Semangat berinovasi harus terus dijaga, sehingga semakin banyak orang tergerak untuk memberikan kebaikan. Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dengan cara mengapresiasi para inspirator yang bergerak atas nama kemajuan negeri seperti halnya yang dilakukan Kementerian Pertanian.

“Kami nilai Kementan memiliki program dan inovasi yang sangat baik dalam pemberdayaan petani dan meningkatkan kesejahteraan petani selama ini, seperti Taxi Alsintan misalnya, program ini kami nilai sangat baik dalam mendukung aktivitas petani dilapangan dan sangat baik dalam melatih kemandirian petani” ungkapnya

Sebagai informasi penghargaan ini memiliki 6 kategori yakni Program Penguatan Ekspor Daerah, Program Desa Wisata, Program Reformasi Birokrasi, Program Pemberdayaan UMKM, Program Inovatif untuk Negeri, Sosok Inspiratif untuk Indonesia. Lebih lanjut Dorojatun mengatakan penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi dan menginspirasi lebih banyak pihak dalam berinovasi.

“Apresiasi dan penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi semua pihak agar terus berinovasi dan menginspirasi untuk Indonesia” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER