Kamis, 9 Mei, 2024

OPD Pemkot Depok Diminta Optimalkan Penyerapan Anggaran

MONITOR, Depok – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono meminta kepada seluruh Perangkat Daerah (PD) untuk mengoptimalkan serapan anggaran tahun 2023. Pasalnya, saat ini terdapat sebagian dinas yang serapan anggarannya masih tergolong rendah.

“Tidak bosan-bosan kami mengingatkan kepada seluruh PD, baik dinas ataupun kecamatan untuk mengoptimalkan serapan anggaran. Target bulan Agustus ini sebesar 77,47 persen, namun baru bisa diraih di bawah 50 persen,” kata Imam, di Lapangan Balai Kota Depok, Senin (21/08/2023).

Imam merinci PD yang memiliki serapan anggaran tertinggi dan dan terendah se-Kota Depok. Untuk serapan anggaran tertinggi hingga saat ini di tempati oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) sebesar 72,42 persen.

“Yang kedua Sekretariat Daerah (Setda) sebesar 64,30 persen, ketiga Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) sebesar 62,90 persen, keempat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan kelima Inspektorat Daerah 59,87 persen,” beber Imam.

- Advertisement -

Sedangkan, untuk PD yang serapan anggarannya terendah ialah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebesar 15,23 persen, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) sebesar 30,42 persen. Lalu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) 34,32 persen.

“Maka ini mengingatkan kepada semua untuk melaksanakan apa yang sudah direncanakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023. Segera lakukan kegiatan, segera serap anggaran,” tutup Imam.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER