Sabtu, 27 April, 2024

Sidang Paripurna, Jokowi Ingatkan soal Bonus Demografi

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa Indonesia akan mendapatkan bonus demografi di tahun 2030 mendatang. Untuk itu, ia menyerukan agar bangsa Indonesia bersiap menyambut peluang tersebut. Pesan itu disampaikan Jokowi dalam pidato kenegaraannya di Sidang Paripurna DPR/MPR di Gedung Parlemen, Rabu (16/8/2023).

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Bonus demografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030-an adalah peluang besar kita untuk meraih Indonesia Emas 2045, saat 68% penduduk berada di rentang usia produktif,” ucap Jokowi.

Peluang kedua, dikatakan Jokowi yakni internasional trust yang dimiliki Indonesia saat ini, yang dibangun bukan sekedar melalui gimik dan retorika semata, melainkan melalui sebuah peran dan bukti nyata keberanian Indonesia dalam bersikap.

Ditegaskan Jokowi, momentum Presidensi Indonesia di G20, Keketuaan Indonesia di ASEAN dan konsistensi Indonesia dalam menjunjung HAM kemanusiaan dan kesetaraan, serta kesuksesan Indonesia menghadapi krisis dunia 3 tahun terakhir ini telah mendongkrak dan menempatkan Indonesia kembali dalam peta percaturan dunia dan di tengah kondisi dunia yang bergolak akibat perbedaan.

- Advertisement -

“Dengan international trust yang tinggi, kredibilitas kita akan lebih diakui, kedaulatan kita akan lebih dihormati, suara Indonesia akan lebih didengar sehingga memudahkan kita dalam bernegosiasi. Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Tidak semua negara memilikinya dan belum tentu kita akan kembali memilikinya,” tandas Jokowi optimis.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER