Minggu, 5 Mei, 2024

Cegah Stunting, Bupati Sukoharjo Dorong Anak Gemar Makan Ikan Sejak Dini

MONITOR, Sukoharjo – Bupati Sukoharjo Etik Suryani terus mendorong gemar makan ikan sejak dini. Tak hanya mencerdaskan anak, makan ikan juga dapat mencegah stunting.

“Kita berusaha untuk mendorong masyarakat, terutama ibu-ibu hamil dan balita serta anak-anak, agar gemar mengonsumsi ikan,” ujar bupati, saat Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), di Balai Desa Krajan, Kecamatan Gatak, belum lama ini.

Menurutnya, di dalam ikan ada asam lemak tidak jenuh Omega 3, terutama yang disebut EPA dan DHA, yang terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol, trigliserida, dan lipoprotein darah. Selain itu, zat omega 3 sangat penting untuk perkembangan kecerdasan anak, terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), serta mencegah stunting.

Untuk itu, Etik mendorong peran serta pemerintah desa, dalam peningkatan angka konsumsi ikan.

- Advertisement -

“Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di lingkungan masing-masing, dengan menyuguhkan ikan sebagai hidangan. Bisa saat rapat, pertemuan, dan lainnya,” beber bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan, program gemarikan sudah dicanangkan sejak lama, yakni tahun 2004 dan terus dilakukan hingga saat ini. Program gemarikan juga menjadi program prioritas dinas sejak 10 tahun lalu.

“Sasarannya adalah anak usia sekolah dan masyarakat. Selain dalam upaya penurunan stunting, juga untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Sukoharjo yang masih rendah,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER