Sabtu, 27 April, 2024

Sri Mulyani Guyurkan Rp49,4 T APBN 2023 Khusus Perlindungan Anak

MONITOR, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan APBN tahun 2023 ini menempatkan prioritas nasional untuk peningkatan kualitas SDM -khususnya untuk anak-anak.

Untuk mendukung kesejahteraan anak di bidang kesehatan dan perlindungan, tahun 2023 APBN mengalokasikan anggaran sebesar Rp49,4 triliun.

“Alokasi ini disalurkan melalui beberapa K/L untuk penyelenggaraan imunisasi, pembinaan gizi kesehatan ibu dan anak, pemenuhan hak dan pelindungan anak, hingga pembinaan keluarga denga balita dan anak,” ujar Sri Mulyani, Senin (24/7/2023).

Tahun 2023 ini, lanjut dia, APBN telah mengalokasikan sebesar Rp30,04 triliun untuk percepatan penurunan stunting. Sebesar Rp28,1 T manfaat dari alokasi disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk pemberian makanan tambahan, obat-obatan, bansos, dan lainnya.

- Advertisement -

Ditegaskan dia, anak-anak Indonesia juga HARUS didukung melalui pendidikan hingga ke jenjang yang tinggi. APBN setiap tahun mengalokasikan 20% dari total anggaran untuk pendidikan di mana sebagian besar dimanfaatkan untuk meningkatkan kebutuhan pendidikan dasar SD-SMA.

“Untuk mencapai cita-cita Indonesia Maju di 2045, anak-anak Indonesia harus terlindungi dan terpenuhi hak-haknya,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER