Senin, 29 April, 2024

Kejar Target 95 Persen UHC, BPJS Kesehatan Depok Terapkan Sejumlah Strategi

MONITOR, Depok – Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Depok berkomitmen untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) tahun 2023. Yakni minimal 95 persen cakupan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk di tahun ini.

Kepala BPJS Kesehatan Depok, Elshe Theresia mengatakan, pihaknya mencatat capaian peserta BPJS Kesehatan saat ini UHC-nya sudah mencapai 94,19 persen. Artinya, sebentar lagi akan mencapai target.

“Minimal itu untuk mendapat predikat UHC adalah 95 persen, jadi sedikit lagi. Untuk target RPJMN 2024 itu cakupannya 98 persen,” ungkap Elshe Theresia dalam keterangannya kepada wartawan, dikutip Selasa (27/06/2023).

BPJS Kesehatan Cabang Depok maupun Pemkot Depok telah berkomitmen untuk mencapai target tersebut. Berdasarkan data capaian UHC di Jabar, Kota Depok menduduki peringkat 14 dari 27 kota/kabupaten.

- Advertisement -

Pihaknya juga tengah berupaya mencapai UHC di Kota Depok dengan terus melakukan koordinasi bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Salah satunya yakni menerapkan program Sosialisasi Program Petakan, Sisir, Advokasi Dan Registrasi (Pesiar).

Program Pesiar merupakan satu kegiatan sosial marketing terencana dalam rangka rekrutmen peserta dan juga meningkatkan keaktifan peserta JKN yang dilakukan oleh pihak ketiga atas rekomendasi perangkat daerah terkait.

“Kami sudah melakukan sosialisasi, edukasi, turun juga langsung ke lapangan dengan mendatangi kelurahan serta mengingatkan warga untuk mendaftarkan diri ke program JKN,” jelasnya.

“Kemudian kami juga memberikan edukasi di media sosial dan lainnya. Jadi, untuk menggugah warga yang belum daftar, JKN untuk sadar dan peduli terhadap dirinya maupun keluarganya. Sehingga jangan sampai mendaftar (BPJS Kesehatan) itu disaat sakit nantinya,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER