Senin, 29 April, 2024

Wagub Taj Yasin Ajak Mahasiswa Geluti Wirausaha

MONITOR, Salatiga – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, mengajak mahasiswa mulai belajar menjadi wirausaha. Hal itu disampaikan saat menghadiri acara Seminar Nasional Fatawa Fair 2023, di Kampus UIN Salatiga, Sabtu (24/06/2023).

Menurutnya, mumpung masih belajar, mahasiswa bisa memaksimalkan potensi bisnis yang digemari.

“Dan itu harus dimulai. Tidak boleh terlalu menunggu. Setelah lulus baru kita bekerja, baru mencari pengalaman-pengalaman. Dan pengalaman ini yang sangat berharga,” kata Gus Yasin, sapaan wagub.

Dia menambahkan, mahasiswa yang tergabung dalam koperasi mahasiswa memiliki peluang bagus untuk belajar bisnis. Tentunya, koperasi juga harus bisa memberikan solusi di tengah masyarakat.

- Advertisement -

“Maka kalau kita saat ini sudah berlatih koperasi mahasiswa, tentu bisa dikembangkan, bagaimana sistem koperasi ketika lulus. Diskusi dengan Kopma UIN lainnya untuk dikembangkan,” imbuh wagub.

Gus Yasin menjelaskan, dalam pengadaan barang dan jasa, pemerintah pusat dan pemerintah daerah diminta mengutamakan menggunakan produk dalam negeri. Menurutnya, hal itu menjadi peluang bagi pengusaha muda, untuk semakin berkembang. Mahasiswa bisa memulai usaha dan memasukan produknya ke katalog produk dalam negeri.

“Semuanya (produk dalam negeri) harus dibeli pemerintah. Lembaga, maupun kementerian, BUMN atau BUMD, harus memakai itu (katalog dalam negeri). Peluang ini yang harusnya adik-adik tangkap,” tandas wagub.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER