Jumat, 3 Mei, 2024

Dukung Kemitraan Closed Loop, Airlangga Sebut Hasil Panen Petani Bakal Terserap

MONITOR, Simalungun – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri Launching Kemitraan Closed Loop Agribisnis dan Holtikultura di Kawasan Pertanian Terpadu Simalungun (KPT-S) di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Kamis (22/6/2023).

Airlangga mengungkapkan Closed Loop merupakan model kemitraan agribisnis hulu sampai hilir yang dikembangkan dalam ekosistem yang berbasis digital, teknik budi daya Good Agricultural Practices, sistem logistik yang baik, serta jaminan pasar dan harga yang bersaing oleh offtaker.

“Saya sangat senang dan bangga karena ternyata di Simalungun petani milenialnya cukup banyak. Hal ini tentunya perlu kita dukung terutama dalam pengembangan pertanian holtikultura dengan bantuan teknologi dan pengembangan kemitraan untuk distribusi hasil pertaniaannya,” tutur Airlangga dalam pertemuan itu.

Dengan hadirnya kemitraan Close Loop, Airlangga berharap seluruh hasil produksi para petani dapat diserap oleh para offtaker atau pemasok kebutuhan industri ataupun pasar, dan harus dengan harga yang bersaing sehingga petani tidak dirugikan.

- Advertisement -

“Saya mendorong agar para petani milenial kita untuk memiliki kartu tani, supaya para petani milenial yang kesulitan modal dapat dibantu pemerintah khususnya dalam membeli pupuk bersubsidi,” imbuhnya.

Selain itu ia mengingatkan tantangan perubahan cuaca harus tetap diwaspadai, yakni musim kering. Petani harus dapat memitigasi situasi tersebut sehingga tidak terjadi penurunan produksi holtikultura.

Menurutnua Indonesia berhasil melewati inflasi selama pandemi salah satunya karena pasokan pangan kita tersedia baik.

“Kita berterimakasih kepada masyarakat Simalungun karena holtikulturanya maju, sehingga dapat memberikan pasokan pangan ke wilayah-wilayah disekitarnya,” tuturnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER