Sabtu, 4 Mei, 2024

Dianggarkan Rp 70 Miliar, Pemerintah Pusat Bakal Bangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu di Depok

MONITOR, Depok – Pemerintah pusat akan mengucurkan dana sekitar Rp 70 miliar melalui program Improvement of Solid Waste Management to Support Regional and Metropolitan Cities (ISWMP) untuk membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Kota Depok. Rencananya pembangunan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

Menurut Team Leader National Project Management Consultant (NPMC) – ISWMP, Direktorat Sanitasi, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ria Ismaria mengatakan, TPST yang akan dibangun dapat mengolah sampah 300 ton per hari. Dengan, hasil produk berupa Refuse Derived Fuel (RDF).

“Depok saat ini masih tahap desain, kemungkinan selesai di bulan Agustus,” katanya, dilansir dari situs resmi Pemkot Depok, Kamis (22/06/2023).

Kemudian akan dilanjutkan ke proses lelang pada bulan September. Jika semua berjalan lancar, maka bulan Oktober sudah dimulai pembangunan.

- Advertisement -

“Pembangunan diperkirakan selesai dalam waktu delapan bulan, maka akan selesai di bulan Mei atau Juni tahun depan,” katanya.

Ia berharap, dengan hadirnya TPST ini permasalahan sampah di Kota Depok dapat segera teratasi.

“Jadi, dengan adanya TPST ini, Pemkot Depok sudah bisa melakukan pengolahan sampah di sumbernya, sehingga yang masuk ke TPA Cipayung semakin sedikit,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER