Minggu, 28 April, 2024

Kali Cabang Tengah Citayam Penuh Sampah, Satgas DPUPR Depok Lakukan Normalisasi

MONITOR, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok menerjunkan satuan tugas (satgas) untuk menormalisasikan aliran dangkal dan mengangkat sampah Kali Cabang Tengah Citayam, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung.

Upaya ini dilakukan agar fungsi aliran air bisa lebih maksimal, sehingga dapat mencegah banjir saat musim penghujan.

“Kami normalisasi Kali Cabang Tengah yang berada di Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung. Kegiatan ini dilakukan agar aliran kali berfungsi normal. Karena, sampah bisa jadi penghambat dan masalah utama banjir,” kata Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Selasa (13/06/2023).

Dikatakannya, pengerjaan dilakukan pada aliran yang dangkal. Dimulai hari ini dan masih berlanjut sampai kali berfungsi secara optimal. Pihaknya juga mengirimkan satu regu satgas yang terdiri dari 10 personel.

- Advertisement -

“Selain satgas, kami juga menurunkan satu unit dump truck. Satgas akan angkat sedimen pasir, lumpur juga sampah sampai benar-benar bersih,” terangnya.

Citra berharap, upaya ini bisa mencegah terjadinya banjir, terutama saat musim hujan. Dia juga meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kebersihan harus dijaga bersama. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak bisa bekerja sendiri. Mudah-mudahan upaya normalisasi ini bisa memaksimalkan fungsi penyerapan dan aliran air menuju hilir,” tutupnya

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER