Senin, 29 April, 2024

Sambut HUT Jakarta, 120 Penari Meriahkan Parade Budaya

MONITOR, Jakarta – Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menggelar Parade Budaya Betawi dan Tari Merak Sunda di area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Sudirman-Thamrin.

Kepala Bidang Pembinaan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Puspla Dirdjaja mengatakan, parade ini merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut HUT ke-496 Kota Jakarta yang bertujuan untuk mengenalkan budaya daerah kepada masyarakat luas.

“Hari ini kita adakan parade dua budaya yang berbeda, terdiri dari budaya Betawi dan Tari Merak Sunda,” ujarnya, Minggu (11/06/2023).

Puspla menjelaskan, pada parade kali ini pihaknya menampilkan 120 penari, enam grup komunitas ondel-ondel, serta grup musik tanjidor dari beberapa wilayah di DKI Jakarta.

- Advertisement -

Rangkaian acara yang dimulai dari 3-25 Juni 2023 ini juga dihelat di ruang publik, tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

“Semoga acara ini dapat menambah wawasan warga Jakarta tentang beberapa budaya yang ada di wilayahnya,” ucapnya.

Ketua Umum Gema Citra Nusantara, Mira Arismunandar menuturkan, hari ini pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan beberapa komunitas lainnya dalam menggelar Parade Budaya Betawi dan Tari Merak Sunda.

“Saya sangat mengharapkan generasi penerus bangsa mencintai seni budaya Indonesia,” ucapnya.

Bagas Wicaksono (22) warga Kebon Kacang, Jakarta Pusat mengaku sangat antusias mengikuti parade dari Halte Sarinah hingga Jalan Imam Bonjol sejak pukul 06.30-09.00.

“Saya ikuti parade karena ingin mengetahui budaya daerah yang ada di wilayah Jakarta,” akunya.

Menurut Bagas, parade budaya ini mampu menambah wawasan pengetahuannya akan kearifan lokal. Terlebih dalam parade tersebut ada budaya yang ditampilkan.

“Saya harap teman-teman remaja seusia saya dapat melestarikan budaya daerah,” tuturnya.

Selamet Budiman (37), warga Kembangan, Jakarta Barat merasa senang menyaksikan parade budaya yang digelar di area HBKB ini. Parade tersebut dinilai sangat memukau dan bermanfaat bagi warga.

“Terima kasih kepada Dinas Kebudayaan DKI Jakarta karena sudah menghiasi area HBKB dengan kemeriahan,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER