Sabtu, 27 April, 2024

Sekjen PKS: Sikap Cawe-cawe Jokowi Kurang Baik untuk Demokrasi

MONITOR, Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merasa tidak nyaman dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang akan ikut campur, atau cawe-cawe, terkait urusan Pemilu 2024.

Melalui pernyatan Sekretaris Jenderal DPP PKS, Aboe Bakar Al Habsyi, sikap Jokowi justru dinilai contoh buruk dan tidak baik untuk keberlangsungan demokrasi.

“Ketika menjelang Pemilu kemudian Presiden menyatakan mau cawe-cawe, akhirnya memiliki konteks berbeda. Cawe cawe diartikan akan ikut campur, atau tidak tinggal diam,” ujar Aboe Bakar dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/6/2023).

Menurut Aboe, hal tersebut kurang bagus untuk iklim demokrasi, karena banyak kekhawatiran masyarakat bahwa cawe cawe ini pertanda kekuasaan presiden akan digunakan dalam politik praktis dalam mendukung salah satu calon presiden tertentu.

- Advertisement -

Lebih lanjut ia menilai, Presiden sebagai penerima mandat rakyat, harus bekerja secara optimal dalam memimpin pemerintah dan tidak bertindak di luar koridor yang ada.

Dengan adanya statemen Jokowi akan melakukan Cawe-cawe pada Pemilu mendatang, Aboe mengatakan masyarakat menilai sebagai Presiden bertindak diluar koridor dengan campur tangan terkait Pemilu.

“Karena ada istilah cawe cawe ini, yang kemudian dimaknai sebagian masyarakat, seolah Presiden akan mengambil langkah diluar ketentuan pasal 4 ayat (1) tadi,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER