Selasa, 16 April, 2024

Profil Totok Prio Kismanto, Dandim Depok Terbaru

MONITOR, Depok – Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Totok Prio Kismanto telah resmi menjabat sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok menggantikan Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan.

Totok resmi memimpin Kodim Depok setelah menjalani serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin Danrem 051/Wijayakarta Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto di Makorem 051/Wijayakarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada Rabu 31 Mei 2023.

Sebelumnya Totok menjabat sebagai Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya di Surabaya, Jawa Timur. Jabatan ini ia emban sejak Januari 2022.

Mengutip berbagai sumber, Totok Prio Kismanto lahir pada 27 April 1979 di Jakarta Timur. Ia merupakan abuturen Akademi Militer tahun 2000 dari kecabangan Infanteri, satu angkatan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

- Advertisement -

Sebelum ditunjuk sebagai Waasops Kasdam Brawijaya, Totok tercatat menjabat sebagai Dandim 0805/Ngawi. Ia juga pernah mengemban posisi sebagai Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri 527/Baladibya Yudha atau Yonif 527/Laba-Laba Hitam di Lumajang.

Saat berpangkat Mayor, suami dari Nurul Rochmah A. ini dipercaya menjabat sebagai Kasilog Korem 083/Baladhika Jaya dan PS Dansecata Rindam V/Brawijaya. Ia juga pernah mengisi jabatan sebagai PS Kasiops di Korem 081/Dhirotsaha Jaya di Madiun.

Pada tahun 2007, saat berpangkat Letnan Satu (Lettu), ayahanda dari M. Rayyana dan M. Rasya SA ini pernah menjabat sebagai Komandan Pleton (Danton) Batalyon Infanteri Raider 600/Modang di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Selain itu, pria yang aktif bebahasa Inggris dan Jawa ini juga pernah mengemban jabatan sebagai Danton Batalyon Infanteri 623/Bhakti Wira Utama di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dalam penugasan, Totok Priyo Kismanto sudah menjalani berbagai medan penugasan, antara lain di Papua dan Aceh. Selain itu, saat berpangkat Kapten, ia juga pernah bertugas di luar negeri sebagai pasukan perdamaian di Lebanon dan di
Republik Demokratik Kongo (DRC).

Atas pengabdiannya, Totok diganjar sejumlah penghargaan dari negara, di antaranya Satya Lencana Dharma Nusa dan Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun.

Kini Totok Priyo Kismanto telah menjabat sebagai Dandim 0508/Depok menggantikan Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan yang dipromosikan menduduki jabatan Kasi Ops Korem 031/Wira Bima di Provinsi Riau.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER