Selasa, 23 April, 2024

Pemkot Depok Kembangkan Pertanian Perkotaan di Pasir Putih

MONITOR, Depok – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok tengah mengembangkan pertanian perkotaan di RW 10, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. Terobosan ini dilakukan sebagai inovasi dalam menghadapi Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Keluarga Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023 yang diikuti RW 10.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, saat ini di kota lebih memiliki tantangan dalam bidang pertanian. Sebab, dengan lahan terbatas harus bisa dioptimalkan agar lahan tersebut tetap produktif.

“Kalau di kabupaten yang memiliki lahan luas sudah biasa mau tanam apa saja gampang. Tapi kalau lahan sempit, kita mikir apa yang kira-kira bisa ditanam dan cocok bagi keluarga,” tuturnya kepada media, di sela rechecking Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Keluarga Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023 di RW 10, dikutip Kamis (01/06/2023).

Dikatakannya, di Kota Depok sendiri diperlukan sejumlah inovasi guna meningkatkan produksi produk pangan. Salah satunya, dengan metode vertikal garden untuk tanaman holtikutura.

- Advertisement -

“Kemudian juga pemanfaatan barang-barang bekas sebagai wadah atau tempat menanam. Untuk efisiensi kita menggunakan sistem organik tower garden, jadi sistem tanam bertingkat,” kata dia.

Lebih lanjut, ucapnya, pihaknya juga masih terus mengeksplor dan mengembangkan sistem pertanian perkotaan. Dengan harapan bisa meningkatkan ketahanan pangan dan kemandirian pangan di tingkat keluarga.

“Termasuk juga untuk pengentasan stunting, tentunya lebih murah jika kita bisa menghasilkan produk sendiri,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER