Rabu, 8 Mei, 2024

Hari Lahir Pancasila, Sandiaga Harap tak ada lagi Politisasi Agama

MONITOR, Jakarta – Hari Lahir Pancasila menjadi momen penuh makna karena melambangkan kelahiran sebuah visi dan falsafah besar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk merenungkan makna dan pentingnya Pancasila dalam menjaga persatuan, keadilan, dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Pancasila bisa menjadi satu rujukan untuk kontestasi demokrasi yang mempersatukan, yang menghadirkan wawasan percepatan pembangunan. Hal ini yang dapat kita maknai dari Hari Lahir Falsafah Negara,” ucap Sandiaga Uno usai apel peringatan di halaman Monumen Nasional, Kamis (1/6/2023).

Sandiaga menjelaskan Pancasila bukan hanya menjadi aset bangsa, tapi bisa menjadi suatu konsepsi yang ditawarkan kepada dunia.

- Advertisement -

Misalnya dalam hitungan bulan menuju Pemilu 2024, Sandiaga menyatakan Pancasila harus mampu jadi pedoman agar kontestasi demokrasi lima tahunan itu disambut dengan sukacita, dengan tanggung jawab, sehingga tidak ada politisasi identitas agama.

“Saya berharap semangat dan makna Hari Lahir Pancasila terus menginspirasi kita sebagai bangsa Indonesia. Mari kita jaga dan amalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan kita, baik di kehidupan pribadi maupun di panggung politik. Mari kita bangun persatuan, menjunjung tinggi keadilan, dan berupaya mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” imbuh eks Wagub DKI Jakarta ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER