Sabtu, 20 April, 2024

Ingatkan ASN Tak Berpolitik, Edy Rahmayadi: Main-main dengan Politik, Nanti Saya Hukum

MONITOR, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut tidak terlibat politik praktis pada Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Edy saat melantik 64 pejabat eselon III dan eselon IV di lingkungan Pemprov Sumut, di Medan, Kamis (25/05/2023).

“Habis ini (pelantikan) pasti banyak orang komentar, menyiapkan kalian (ASN) untuk tahun politik, no, main-main kalian dengan politik, besok (nanti) saya hukum, tak ada sangkutan dengan politik,” kata Edy.

Edy menjelaskan, tugas utama ASN semata-mata melayani rakyat. ASN harus siap sedia melayani rakyat sepenuh hati.

- Advertisement -

“Bukan kalian yang harus dilayani masyarakat, kita dikontrak rakyat menjalankan amanah rakyat, tidak boleh mengeluh,” jelas Edy.

Selain melayani masyarakat, menurut Edy, ASN juga berperan sebagai pemersatu anak bangsa. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tentang Aparatur Sipil Negara, disebutkan ASN berfungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Edy juga meminta para pejabat yang baru dilantik untuk bekerja atau bertugas dengan sebaik-baiknya. Ia mengingatkan sumpah yang diambil para pejabat di bawah kitab suci.

“Bekerjalah kalian sebaik-baiknya, kalian disumpah didampingi rohaniawan yang memegang kitab suci,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER