Kamis, 2 Mei, 2024

Longsor di TPU Kalimulya Depok Diperbaiki

MONITOR, Depok – Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemakaman Umum pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Muhamad Iksan menyebut, pihaknya bersama 14 petugas telah melakukan penanganan terkait longsornya turap di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kalimulya 2, Cilodong.

Penanganan dilakukan selama empat hari, sejak 29 April hingga 2 Mei 2023.

“Kejadian Rabu (26/04) malam, tepat satu minggu setelah Idulfitri. Longsor terjadi pada turap sisi selatan makam TPU Kalimulya 2 akibat hujan deras. Kondisi turap yang telah berusia 10 tahun, tidak kuat menahan beban air dan akhirnya longsor,” ujarnya, dikutip Rabu (03/05/2023).

Dijelaskannya, longsor memiliki panjang 20 meter dengan tinggi 5 meter. Penanganan baru dikerjakan mengingat masih banyaknya ahli waris yang melakukan ziarah kubur.

- Advertisement -

“Karena kejadian tepat satu minggu setelah Idulfitri, sehingga masih banyak ahli waris yang melakukan ziarah, kami tunda penanganan,” katanya.

“Itu karena kami saling menghormati. Untuk ahli waris yang makam keluarganya tertimbun longsor, sudah mengetahui dan memaklumi,” ucapnya.

Untuk penanganan lebih lanjut, kata Iksan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Disrumkim Kota Depok selaku perangkat daerah terkait yang memiliki kewenangan atas pemakaman umum. Adapun, jumlah makam yang tertimbun yaitu lima makam.

“Sekarang sudah tertangani. Untuk sementara kami gunakan cerucuk bambu dan karung tanah agar longsor tidak meluas. Kemungkinan penanganan lebih lanjut akan kami usulkan melalui Anggaran Biaya Tambah (ABT),” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER