Senin, 29 April, 2024

Saling Bunuh, Pimpinan KKB Joni Botak Tewas Dibunuh Kelompok KKB Lewis Kogoya

MONITOR, Papua – Salah seoarang pimpinan KKB, Joni Botak tewas dibuhuh kelompok KKB Lewis Kogoya di Tembagapura, Intan Jaya, Papua. Dia dibunuh lantaran dituduh sebagai mata-mata.

Dari video yang beredar, Joni Botak dibunuh bersama dua anak buahnya. Hal ini disampaikan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri saat dikonfirmasi.

“Joni Botak ditangkap, dianiaya dan ditembak kelompok KKB lainnya Senin (24/4) di Intan Jaya, karena dituduh mata-mata,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri kepada wartawan, dikutip Minggu (30/04/2023).

Diketahui Joni Botak merupakan salah satu pimpinan KKB dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Joni Botak kerab sekali membunuh warga sipil dan aparat TNI mau pun Polri.

- Advertisement -

Adapun Wilayah operasi Joni Botak di sekitar Tembagapura, yang merupakan daerah penambangan PT. Freeport hingga ke Intan Jaya. Dari informasi yang beredar, sebelum dibunuh, Joni Botak berupaya masuk ke Tembagapura.

Namun aparat keamanan sudah terlebih dahulu membangun pos-pos dititik yang diduga merupakan jalan setapak yang digunakan KKB masuk ke Tembagapura.

“Aparat keamanan sudah menutup akses masuk ke Tembagapura sehingga Joni Botak kembali ke Intan Jaya,” jelas Irjen Pol Fakhiri

“Dia kemudian dibunuh oleh kelompok KKB pimpinan Lewis Kogoya,” sambungnya.

Diketahui, Wilayah operasi Joni Botak di sekitar Tembagapura, yang merupakan daerah penambangan PT. Freeport hingga ke Intan Jaya. Joni Botak baru muncul setelah terjadi kontak senjata di Jipabera, sekitar Kampung Aroanop pada 28 Februari 2020.

Dia terlibat penembakan yang menewaskan Bharatu Doni Priyanto serta penembakan terhadap Polsek Tembagapura.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER