Sabtu, 20 April, 2024

WNI Pulang dari Sudan, Pemprov Jatim Siapkan Penjemputan

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memfasilitasi penjemputan warga Jatim yang dievakuasi dari Sudan ketika sampai Jakarta. Dimana pihak TNI telah mengevakuasi para WNI yang tiba di Indonesia akan di check kesehatan di asrama haji Pondok Gede Jakarta.

“Setelah itu Pemprov Jatim akan menjemput untuk transit di perwakilan selanjutnya diantar ke daerah asal di Jatim,” ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kamis (27/4/2023).

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, konflik militer yang terjadi di Sudan beberapa hari terakhir membuat Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengevakuasi ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah konflik. Berdasarkan catatan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) usai pemutakhiran, terdapat sebanyak 937 WNI yang saat ini berada di Khartoum, Sudan.

Dari jumlah tersebut, menurut Khofifah, sebanyak 897 WNI telah berhasil dievakuasi dari wilayah konflik. Adapun saat ini sebanyak 557 WNI sudah berada di Jeddah, sementara sebagian sisanya berada di Port Sudan.

- Advertisement -

“Dalam waktu dekat mereka akan segera diterbangkan menuju Indonesia. Kami menyampaikan apresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Kemenlu dan TNI. Berkat upaya tersebut sebagian besar WNI di Sudan telah berhasil dievakuasi ke tempat yang aman,” jelas eks Menteri Sosial RI ini.

Sementara penjemputan bagi warga Jatim yang sudah tiba di Jakarta akan disiapkan dengan menggunakan kendaraan jalur darat. Selain itu, kata Khofifah, Pemprov Jatim juga telah menyiapkan tempat transit untuk warga Jatim agar bisa beristirahat terlebih dahulu begitu tiba di Jakarta.

Tempat transit tersebut berada di Badan Penghubung Daerah Jawa Timur di Jalan Pasuruan No. 16 Menteng, Jakarta. Dengan nomor kontak yang bisa dihubungi 081216383145 – Kepala Badan Penghubung Daerah Jatim di Jakarta Zainal Fanani.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER