Jumat, 26 April, 2024

Mentan SYL Targetkan Kabupaten Bantaeng Tiga Kali Panen

MONITOR, BANTAENG – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong para petani dan penyuluh di Kabupaten Bantaeng untuk meningkatkan skala produksinya menjadi tiga kali panen alias IP300. Menurut SYL, Kabupaten Bantaeng adalah wilayah subur yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan ketersediaan pangan nasional.

“Dengan 1.000 hektar yang akan kita tanam ini, kita berharap minimal bisa 3 kali dalam semusim. Ini kita coba mudah mudahan Pak Bupati bisa mendorong kesiapan para petaninya,” ujar SYL dalam dialog terbuka bersama petani dan penyuluh di Poktan Paranggala, Kelurahan Lembang, Bantaeng, Sulawesi Selatan, Senin, 24 April 2023.

SYL mengatakan, kegiatan olah tanam di Kabupaten Bantaeng harus segera dipercepat mengingat pasokan air di sana masih dalam kondisi melimpah. Dia ingin, cuaca ekstrim yang diperkirakan terjadi dalam waktu dekat tidak mempengaruhi pola tanam dan produktivitasnya.

“Yang kedua kita tidak boleh cukup pede dengan cuaca yang ada karena setelah juni itu akan terjadi kemarau yang sangat panjang atau siklus 30 tahunan. Jadi seperti itu kita punya alam yang cukup dan air yang banyak untuk mempercepat sebelum kemarau datang,” katanya.

- Advertisement -

Berikutnya, kata SYL, pemerintah saat ini memiliki layanan Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang bisa diakses semua orang dalam mengembangkan sektor pertanian yang jauh lebih maju dan modern.

“Asal petaninya jelas, lahannya jelas kita siapkan skemanya. KUR ini bisa kalian pakai untuk modal dalam mengembangkan pertanian modern atau smart farming. Jadi kita tidak hanya mengandalkan bantuan tapi membangun gagasan gagasan berskala ekonomi,” katanya.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menyampaikan terimakasih atas arahan dan bantuan jajaran Kementan dalam mengembangkan sektor pertanian di wilayahnya baik melalui skema KUR maupun bantuan benih unggul.

“Kehadiran bapak menteri bukan hanya memberi semangat tetapi membawa berkah bagi petani dan penyuluh di Bantaeng. Kita siap menjaga pangan nasional dengan meningkatkan produktivitas,” katanya.

Petani setempat, Muhammad Arkan, juga menyampaikan terimakasih atas kehadiran Mentan SYL yang datang ke Bantaeng untuk ketiga kalinya. Menurut Arkan, program penanaman 1000 hektare dengan target 3 kali panen harus didukung bersama untuk menjadikan Bantaeng sebagai penyanggah pangan nasional.

“Tentu saya sangat senang dengan kehadiran Bapak Mentri karena program yang dibawanya ini akan kami kerjakan dengan baik. Insyaallah kita siap capai target,” jelasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER