Rabu, 8 Mei, 2024

Jasa Marga Antarkan 839 Pemudik ke Kampung Halaman Melalui Program Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023

MONITOR, Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menggelar program mudik gratis yang merupakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) tahunan yang rutin diselenggarakan di bulan Ramadan. Dengan mengusung tema “Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023”, Jasa Marga mengantarkan 839 orang pemudik ke kampung halaman di daerah pulau Jawa.

Dalam kegiatan ini, Jasa Marga mengerahkan 19 armada bus yang menuju ke berbagai daerah tujuan mudik di Jawa Tengah dan Jawa Timur, seperti Purwokerto, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya. Dalam kegiatan pelepasan pemudik, turut hadir Direktur Human Capital dan Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya Arinta B. dan Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana.

Direktur Human Capital dan Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya Arinta B. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat jalan kepada para pemudik yang mengikuti program “Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023” yang diadakan oleh Jasa Marga. Ia menjelaskan, Jasa Marga menambah jumlah armada bus hingga dua kali lipat untuk mengakomodir antusiasme yang tinggi dari masyarakat untuk melaksanakan mudik Lebaran 2023 setelah dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kami dari Jasa Marga menyampaikan selamat jalan dan doa kami semua, semoga sampai tujuan dengan aman, nyaman dan selamat hingga kembali ke rumah. Saat ini Jasa Marga Group tengah siaga memberikan pelayanan terbaiknya untuk pengguna jalan tol, khususnya di periode mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Kami mohon doanya agar semua berjalan dengan lancar,” ujar Bagus.

- Advertisement -

Bagus juga berpesan kepada para pemudik yang mengikuti program ini untuk aktif menghubungi PIC Pendamping yang ada di masing-masing bus jika membutuhkan sesuatu di perjalanan. Ia juga meminta para pemudik untuk menaati peraturan-peraturan yang telah ditetapkan hingga tetap menjaga protokol kesehatan selama perjalanan mengingat angka kasus COVID-19 yang kembali meningkat akibat varian baru di Indonesia.

Dalam laporannya, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, tahun ini Jasa Marga memberangkatkan total 19 bus dengan jumlah pemudik sebanyak 839 orang, meningkat jauh lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu sejumlah 10 bus.

“Dalam memberangkatkan para pemudik, Jasa Marga tidak hanya memfasilitasi akomodasi armada bus yang digunakan. Seluruh peserta juga diberikan uang saku untuk takjil, makanan dan minuman, kaos dan health kit. Jasa Marga juga menyiapkan kotak P3K untuk penanganan cepat jika terdapat keluhan dari para pemudik. Untuk keamanan bersama, seluruh supir dan kenek bus juga melakukan tes urin dan tes kesehatan di lokasi keberangkatan. Pemudik juga akan diajak mengenali jalan tol milik Jasa Marga Group selama perjalanan agar bisa menambah wawasan baru,” tambahnya.

Muhammad Irfan Hanif, salah satu pemudik asal Tangerang Selatan yang akan menuju Tegal mengatakan, ini pertama kali dirinya mengikuti program mudik gratis yang diadakan oleh BUMN, dan mengaku pelayanan yang didapatkan, mulai dari pendaftaran hingga registrasi ulang, sangat mudah.

“Meskipun waktu registrasi dan keberangkatan dimulai sejak dini hari hingga pagi, pelayanan para petugas pun tetap sangat ramah. Saya harap program Mudik Bareng BUMN ini bisa terus mengakomodir para pemudik di tahun-tahun berikutnya dan Jasa Marga bisa terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta mudik gratis seperti yang saya rasakan di tahun ini,” ungkap Irfan.

Di hari yang sama Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano mewakili Manajemen Jasa Marga turut hadir dan menyapa para pemudik yang ikut dalam program “Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023” yang diadakan di Gelora Bung Karno, Jakarta. Dalam acara seremonial yang dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir ini Jasa Marga turut mengirimkan satu perwakilan bus berisi 50 orang pemudik untuk dilepas menuju kampung halamannya.

Program “Mudik Dinanti, Mudik di Hari Bersama BUMN 2023” merupakan program Kementerian BUMN bersama Jasa Marga dan BUMN lainnya. Hal ini sejalan dengan tujuan Pemerintah untuk mewujudkan mudik lebih awal, membantu masyarakat yang membutuhkan untuk melakukan mudik hingga menurunkan tingkat kecelakaan dengan mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Instansi Pemerintah maupun Perusahaan BUMN lainnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER