Sabtu, 24 Februari, 2024

Damkar Depok Beri Tips Aman Cegah Kebakaran saat Mudik

MONITOR, Depok – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok membagikan tips mencegah kebakaran saat mudik. Hal ini dimaksudkan agar warga yang hendak meninggalkan rumahnya dapat melakukan sejumlah langkah antisipasi.

“Kami sampaikan sejumlah langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran rumah saat kita berada di kampung halaman,” kata Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Gandara Budiana kepada wartawan, Senin (17/04/2023).

Pertama, mematikan semua aliran listrik dan alat elektronik lainnya. Kedua, jika mudik cukup lama, kosongkan lemari es dan matikan aliran listriknya.

Ketiga, kosongkan penampung air dan matikan aliran listrik pada pompa air. Keempat, mencabut seluruh colokan dari stop kontaknya.

- Advertisement -

“Kemudian, antisipasi kelima dengan merapikan kabel yang masih berantakan baik di bawah karpet atau bahan yang mudah terbakar,” tambahnya.

Keenam, mematikan seluruh lampu di ruangan. Ketujuh, mencabut regulator tabung gas dan menutup dengan rapat serta simpan gas di tempat sirkulasi yang baik dan terlindungi dari sinar matahari.

Kedelapan, jika sebagai perokok aktif pastikan bara api pada puntung rokok sudah padam. Sehingga aman dan tidak memicu kebakaran saat hendak mudik.

“Juga titipkan rumah kepada petugas keamanan setempat, lapor RT dan RW untuk antisipasi dan mengurangi resiko kebakaran,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER