Jumat, 29 Maret, 2024

Mudik Lebaran 2023, Tol Cisumdawu Bisa Tembus hingga Tol Cipali

MONITOR, Sumedang – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil meninjau penanganan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang akan mendukung pergerakan kendaraan masyarakat pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2023 di Kabupaten Sumedang, belum lama ini.

Gubernur Ridwan Kamil, menuturkan pengguna jalan Tol Cisumdawu dapat menuju Tol Cipali untuk bergabung dalam arus besar jalur utara menuju Cirebon dan Jawa Tengah pada 15 April 2023.

“Mulai tanggal 15 April, Cisumdawu sudah bisa tembus ke arah Kertajati bertemu di Cipali. Namun karena belum 100 persen, maka tembusnya bersifat satu arah, karena kepadatan akan mengalir ke arah mudik, Jawa Tengah, Cirebon,” kata Ridwan Kamil, dikutip dari situs resmi Pemprov Jabar, Rabu (12/04/2023).

Menurutnya, Tol Cisumdawu menuju Tol Cipali hanya beroperasi pada pukul 06:00 – 15:00 WIB. Karenanya mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk memanfaatkan hal tersebut.

- Advertisement -

“Karena ada kesulitan, tolong manfaatkan jendela waktu dari jam 6 pagi sampai 3 sore, kalau mau ke Cisumdawu maksimal jam 3 sore. Artinya kalau sudah lewat jam 3 sore, harus lewat rute Cipularang ke Cipalinya,” tutur Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Kang Emil juga mengatakan bahwa setelah 18 April jalan Tol Cipali dibuat satu arah dari Jakarta menuju Cirebon dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk arus balik diberlakukan skema yang sama yakni satu arah dari Cirebon dan Jawa Tengah ke Jakarta.

“Setelah tanggal 18 yang ke Jakarta akan ditutup karena Tol Cipali disatuarahkan dari arah Jakarta, sehingga satu arah ke Cirebon dan Jawa Tengah,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER