Sabtu, 20 April, 2024

PKS: Larangan Bukber di Kalangan Pejabat Kontra Produktif

MONITOR, Jakarta – Juru bicara PKS Muhammad Iqbal menilai kebijakan larangan Buka Bersama Ramadan di kalangan pejabat negara dan Aparatur Sipil Negara (ASN) kontra produktif dan tidak konsisten.

Iqbal justru menilai kegiatan buka puasa bersama merupakan kegiatan yang positif dan bisa meningkatkan kebersamaan serta spiritualitas ASN dan pejabat Negara.

Menurut Iqbal, buka puasa jangan hanya dimaknai makan bersama saja, namun memiliki nilai-nilai spiritualitas yang dalam bagi sesama muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Apalagi di daerah buka puasa bersama sangat penting membangun sinergi dengan para tokoh dan ulama.

Padahal mesjid-mesjid sudah ramai serta konser-konser sudah ramai dan di bolehkan, padahal menurut Iqbal, buka puasa bersama memberikan dampak yang positif kepada ASN dan pemerintah, saat buka puasa bersama akan terbangun silaturahim, kebersamaan, ceramah agama dan terbangun kepedulian dengan memberikan santunan.

- Advertisement -

“Ceramah Ramadhan bisa memberikan pencerahan kepada ASN dan pejabat pemerintahan, apalagi saat ini lagi ramai isu pamer kemewahan, Ramadhan saat yang tepat mereka mendapat wejangan dan tausiyah,” ujarnya.

“Jangan sampai kebijakan ini menjadi dianggap diskriminatif, karena ummat beragama lain bebas melakukan kegiatan ibadah seperti acara buka bersama,” sambungnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah melalui Menteri Sekretaris Kabinet mengeluarkan surat edaran tentang larangan kegiatan Buka Puasa Bersama bagi Menteri dan Kepala Daerah dengan alasan penanganan covid-19.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER