Jumat, 19 April, 2024

Sekolah Lapang Presisi Kedelai di Cianjur Selatan

MONITOR, Cianjur – Kementerian Pertanian melalui Direktorat AKABI, Ditjen TP bersama Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah melaksanakan program Sekolah Lapang Korporasi Kedelai dalam rangka penerapan pertanian presisi, Kamis (16/3/23)

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani kedelai dalam pengelolaan usaha agribisnis, dengan fokus pada praktik terbaik dalam budidaya kedelai serta pemeliharan tanaman sesuai dengan Good Agricultural Practices (GAP) dalam rangka peningkatan produktivitas kedelai hal ini disampaikan Yuris Tiyanto selaku Direktur Aneka Kacang dan Umbi (AKABI).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Keltan Lembur sawah, Desa Kertajaya, Kec. Tanggeng, Kab Cianjur yang diikuti sekitar 40 petani kedelai dari Keltan Lembur Sawah dengan materi pembelajaran yang disampaikan yaitu aplikasi Jarak Tanam Ideal dan Mekanisasi Penanaman dan Budidaya Kedelai yg Ideal untuk Perbenihan.

Terpisah Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengapresisasi kegiatan ini, ia berharap pengembangan kedelai dapat di masifkan ke semua daerah di indonesia sehingga kebutuhan kedelai dapat terpenuhi dari produksi dalam negeri tentunya perlu dukungan dari semua pihak baik daerah maupun pusat terutama petani sendiri.

- Advertisement -

“Sebagaimana arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di tengah Krisis Pangan Dunia beberapa negara sudah menyetop eskpor pangannya termasuk komoditi kedelai, ”Untuk mengatasi itu tidak ada cara lain selain kita harus mengembangkan komoditi kedelai dalam negeri sehingga kebutuhan kedelai dalam negeri bisa kita penuhi sendiri. Dan ini merupakan peluang bagi petani karena kedelai sekarang memiliki nilai jual yang bagus, jadi petani tak perlu lagi ragu untuk menanam kedelai”, Ujar Suwandi.

Menurut salah satu anggota Kelompok Tani, Kegiatan Sekolah Lapang Korporasi Kedelai ini sangat membantu petani kedelai meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam pengelolaan Kedelai dari mulai hulu sampai hilir dri mulai budidaya yg benar sampai nanti tentang usaha agribisnis. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kedelai yang dihasilkan oleh petani setempat

Kegiatan Sekolah Lapang Korporasi Kedelai ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi program serupa di sektor agribisnis lainnya, hasil panen pun menjadi benih bersertifikat dengan kualitas yg bagus, serta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani kedelai di Indonesia dan meningkatkan ketahanan pangan nasional.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER