Kamis, 30 Mei, 2024

Guru SMK Dipecat usai Kritik Gubernur Jabar, Kang Emil: Cukup Dinasehati

MONITOR, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklarifikasi adanya pemberhentian seorang guru SMK di Cirebon Jawa Barat oleh sebuah yayasan, lantaran mengkritik dirinya di platform media sosial.

Orang nomor satu di Jabar ini mengingatkan bahwa seyogyanya seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik, walaupun kadang disampaikan secara kasar.

“Sudah ribuan kritik masuk, dan selalu saya respon dengan santai dan biasa saja. Kadang ditanggapi dengan memberikan penjelasan ilmiah, kadang dibalas dengan bercanda saja,” ucap Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/3/2023).

Kang Emil, demikian sapaan Gubernur Jabar ini menduga kemungkinan guru SMK tersebut dipecat lantaran melakukan posting kasar yang tidak sepatutnya, sebab postingan tersebut mungkin dilihat/ditiru oleh murid-muridnya.

- Advertisement -

Ia pun menduga pihak sekolah/yayasan memberikan tindakan tegas sesuai peraturan sekolah yang bersangkutan, demi menjaga nama baik insitusi.

“Saya sudah mengontak sekolah/yayasan, agar yang bersangkutan untuk cukup dinasehati dan diingatkan saja, tidak perlu sampai diberhentikan,” terang Kang Emil.

Lebih jauh ia mengingatkan semua warganya agar berkewajiban saling nasehat-menasehati dalam kabaikan, kesabaran dan selalu bijak dalam bermedsos.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER