Jumat, 29 Maret, 2024

Damkar Depok Siapkan Petugas Siaga Antisipasi Banjir dan Longsor

MONITOR, Depok – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok menyatakan kesiapsiagaannya untuk membantu masyarakat dalam menghadapi potensi bencana banjir maupun longsor. Pasalnya, saat ini curah hujan dengan intensitas tinggi masih kerap terjadi.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, pihaknya menyiagakan petugas di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar di setiap kecamatan. Termasuk, sarana dan prasarana pendukung seperti mobil pemadam atau perahu karet.

“Kami terus bersinergi dengan perangkat daerah mulai dari jajaran dinas terkait, unsur kecamatan, unsur kelurahan, hingga seluruh lapisan masyarakat,” katanya kepada wartawan, Selasa (07/03/2023).

Lebih lanjut Gandara mengungkapkan, pihaknya juga terus menjalin koordinasi dengan unsur TNI dan Polri serta para pengusaha di Kota Depok. Serta mengajak media untuk memberikan sosialisasi terkait kesiapsiagaan selama musim penghujan.

- Advertisement -

Guna mengantisipasi potensi bencana, Gandara juga mengimbau masyarakat untuk melakukan sejumlah langkah. Yaitu membuang sampah pada tempatnya, rajin membersihkan selokan dan saluran air, menjaga kelestarian alam, membuat sumur resapan, memperbanyak ruang terbuka hijau, membuat lubang biopori, serta membuat saluran air yang baik.

“Semoga dengan langkah yang dilakukan dapat meminimalisir dampak dari cuaca ekstrem ini,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER