Selasa, 23 April, 2024

Prabowo Dampingi Jokowi Kirim 140 Ton Makanan ke Turki

MONITOR, Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, mendampingi Presiden RI Joko Widodo memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah, dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Ini merupakan bantuan tahap ketiga berupa logistik, dan akan dikirimkan dengan menggunakan empat pesawat masing-masing dua pesawat untuk tiap negara.

“Pada pagi hari ini mendampingi Presiden Joko Widodo melepas keberangkatan bantuan pemerintah Republik Indonesia untuk Turkiye dan Suriah, berisi 140 ton bahan makanan,” kata Menhan Prabowo.

“4 pesawat akan menerbangkan bantuan ini sekaligus memperkuat pesawat Hercules TNI AU yang sudah berada di sana sejak awal pasca gempa,” imbuh Prabowo.

- Advertisement -

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mengirim Tim SAR, Tim Medis, dan rumah sakit lapangan yang sudah lebih dulu berangkat ke titik lokasi gempa di Turki dan Suriah. Pemerintah Indonesia berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi korban benca gempa bumi di Turki dan Suriah.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan RI telah mengirimkan bantuan gelombang pertama misi kemanusiaan pemerintah RI pada Sabtu (11/2) dari Lanud Halim Perdanakusuma.

Misi tersebut dibawa dengan 2 pesawat TNI AU, Pesawat Boeing 737-400 membawa 47 personil Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan.

Kemhan RI dan TNI AU juga mengirimkan perbantuan Pesawat Hercules C-130 untuk membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER