Jumat, 26 April, 2024

Ini Upaya TPIP Kendalikan Inflasi Jelang Ramadan

MONITOR, Jakarta – Pemerintah melalui Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) telah menggelar rapat terbatas untuk pengendalian inflasi terutama menghadapi jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023.

Rapat yang dipimpin Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ini membahas sejumlah isu, diantaranya ketersediaan bahan pangan dan antisipasi inflasi ‘volatile food’ atau harga bahan makanan bergejolak yang diperkirakan sebesar 3-5 persen.

“Secara keseluruhan, pemerintah menargetkan inflasi tahun 2023 berada di kisaran 3 persen,” ucap Airlangga, Senin (20/2/2023).

Ia mengungkapkan beberapa strategi yang disiapkan untuk mencapai target tersebut antara lain memperkuat kebijakan dan menjaga stabilitas makroekonomi, mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, serta memperkuat ketahanan pangan dengan akselerasi implementasi lumbung pangan.

- Advertisement -

Selain itu menurut Airlangga, penting dilakukan perluasan kerja sama antar daerah, koordinasi data ketersediaan pangan untuk mendukung pengendalian inflasi, serta penguatan sinergi, komunikasi dan sosialisasi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER