Jumat, 26 April, 2024

Sri Mulyani: Bertahun-tahun Jepang Bantu Wujudkan Pembangunan Indonesia

MONITOR, Tokyo – Hubungan antara Indonesia dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) sudah erat bahkan terjalin sejak 50 tahun silam. Jepang, melalui JICA, telah menjadi mitra pembangunan Indonesia sejak dulu.

Ketika bertandang ke Tokyo, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut selama bertahun-tahun JICA telah berkontribusi mewujudkan pembangunan di Indonesia, seperti jalan tol, pelabuhan, juga tranportasi umum sehingga masyarakat Indonesia kini bisa menikmati fasilitas MRT.

“Saya sampaikan apresiasi atas berbagai dukungan dan kerja sama baik yang telah terjalin selama ini antara Indonesia-JICA. Semoga kolaborasi ini dapat terjalin semakin kuat untuk mengatasi berbagai permasalahan global yang mengancam saat ini, termasuk dalam mengatasi dampak perubahan iklim,” ujar Sri Mulyani, Selasa (14/2/2023).

Bahkan tidak hanya melalui kerja sama di sektor finansial, ia berharap kerjasama kedua negara ini bisa menjangkau pengembangan SDM untuk melahirkan generasi Indonesia yang lebih maju, yang akan membawa solusi untuk berbagai masalah global ke depan.

- Advertisement -

“Saya dan Dr. Akihiko sepakat bahwa kekuatan soft power yang terjalin lebih dari 50 taun adalah bekal utama dalam melestarikan hubungan yang erat antara dua sahabat, Jepang dan Indonesia,” tandas Sri Mulyani.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER