Jumat, 29 Maret, 2024

Disandera OPM, Pilot Susi Air Sebut Keselamatannya Terancam

MONITOR, Papua – Pilot Susi Air Kapten Philips Max Mehrtens muncul dalam sebuah video yang dirilis Organisasi Papua Merdeka atau OPM, Selasa (14/2/2023) malam. Video yang tersebar di jagad media sosial ini menunjukkan Pilot asal Selandia Baru itu masih hidup dalam penyanderaan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau TPNPB-OPM.

Video dan foto menunjukkan, Philips memakai celana pendek dan baju berwarna hitam. Ia juga memakai jaket jeans berwarna biru, topi dan memakai sepatu lengkap.

Philips berdiri dan dikelilingi oleh pasukan TPNPB-OPM. Terlihat beberapa pasukan diantara mereka tengah mengacungkan senjata api.

Dalam video itu, Philips menyampaikan pesan singkat, “Papua OPM menangkap saya untuk Papua Merdeka.” Ia mengulangi kalimat yang sama dalam versi bahasa Inggris.

- Advertisement -

“Kelompok Papua menangkap saya dan mereka berjuang untuk kemerdekaan Papua. Mereka minta agar militer Indonesia pulang dan jika tidak mereka tetap menahan saya dan keselamatan saya akan terancam,” ucap Philips dalam video itu.

Diketahui sebelumnya, Pesawat Susi Air PK BVY yang dikendarai Kapten Philip Mark Merthens diduga dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Sedangkan pilot dan penumpang lainnya disandera oleh mereka.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER