Sabtu, 27 April, 2024

Sri Mulyani: Jepang jadi Tujuan Ekspor Utama Indonesia

MONITOR, Tokyo – Hubungan bilateral antara Indonesia dengan Jepang sudah berlangsung sangat lama. Bahkan sejak tahun 1958, kedua negara ini sudah menjalin hubungan di sektor ekonomi dan politik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, saat ini Jepang merupakan salah satu tujuan ekspor utama Indonesia -selain Amerika Serikat dan Tiongkok. Selain itu, Jepang juga merupakan investor keempat terbesar di Indonesia.

“Sepanjang 2022 Jepang menginvestasikan $3,6 Milyar ke dalam Indonesia. Investasi ini terdiri dari dua sektor besar yaitu otomotif dan transportasi (termasuk industri) dan kelistrikan, gas, dan suplai air,” ujar Sri Mulyani ketika mengawali rangkaian kunjungan kerjanya di Tokyo, Senin (13/2/2/2023).

Dari sisi ekspor, ia menjelaskan selama 2022 ekspor Indonesia ke Negara Matahari Terbit ini tumbuh hingga 40,08%. Komoditas yang menjadi unggulan kita adalah bahan bakar mineral; bijih, terak, dan abu mineral; mesin kelistrikan; logam mulia dan perhiasan; dan nikel serta turunannya.

- Advertisement -

“Impor pun tumbuh 20,48%. Sebuah tanda hubungan ekonomi yang baik antar kedua negara,” tuturnya.

“Semoga melalui pertemuan dengan Keidanren ini hubungan bilateral- khususnya pada sektor perekonomian- antara Indonesia dan Jepang akan terus tumbuh dan menguat. saatnya Asia maju bersama!” tandas Sri Mulyani.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER