Selasa, 7 Mei, 2024

Ace Hasan Desak BPKH Naikkan Nilai Manfaat Dana Haji

MONITOR, Jakarta – Kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji di tahun 2023 mendapat respon dari Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily.

Ketimbang mengusulkan kenaikan biaya haji sebesar Rp 69 juta, Ace justru meminta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menaikkan nilai manfaat dana haji.

“Kita masih rapat dengan BPKH untuk memastikan ketersediaan dana nilai manfaat yang kita harapkan cukup untuk mengurangi, atau setidaknya mengubah formulasi nilai manfaat yang diusulkan oleh pemerintah sebesar 30 persen,” ujar Ace Hasan dalam Rapat Kerja dengan BPKH di Ruang Rapat Komisi VIII, DPR RI, Jakarta, Kamis (9/2/2023) lalu.

“Kita menginginkan lebih dari itu. Misalnya, target kita untuk mengurangi, setidaknya 40 persen bisa diambil dari nilai manfaat dengan melihat ketersediaan dana kelola haji tahun ini,” sambungnya.

- Advertisement -

Dikatakan Ace, BPKH bisa menaikkan nilai manfaat menggunakan dana periode 2020 dan 2021 yang tidak terpakai akibat tidak adanya pemberangkatan haji lantaran pandemi Covid-19.

“Sehingga, kita bisa ambil dari nilai manfaat yang tidak terpakai itu. Dengan demikian, biaya haji yang dikelola oleh nanti dan akan disepakati tidak sampai sebesar Rp 69 juta,” jelasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER