Kamis, 18 April, 2024

Peran Pemuda Masa Kini Menjawab Tantangan Masa Depan

Oleh: Yuliani Lestari*

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemuda adalah orang yang masih muda. Namun, makna dari pemuda tidaklah sesederhana itu. Peran pemuda sebagai generasi penerus dapat kita lihat dari peran pemuda sebagai agent of change. Kita bisa mengartikannya sebagai pemuda yang memiliki peran untuk memajukan bangsanya sendiri.

Dalam konteks ini, kita dapat melakukan pembekalan perubahan lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah yang akan menuju ke arah yang lebih baik di masa depan. Hal ini juga menjadi alasan utama mengapa peran pemuda dibutuhkan sebagai generasi penerus.

Kita semua tahu, hal penentu sebuah kemajuan negara yakni tergantung pada pemuda, sebab kemajuan negara sangat ditentukan melalui peran andil generasi muda dalam memberikan kontribusi positif agar sebuah negara menjadi lebih baik.

- Advertisement -

Peran pemuda dalam membangun suatu ikatan sosial itu sangatlah penting. Kenapa demikian? Karena pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan. Oleh karena itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda dalam semua dimensi pembangunan perlu ditingkatkan.

Lantas apakah pemuda memiliki tantangan? Jelas pemuda mempunyai tantangan yang sangat besar contohnya yaitu tantangan generasi muda dalam perkembangan media digital agar tidak hanyut dan menjadi korban dari sisi negatif kemajuan teknologi tersebut. Selain itu juga, pemuda berperan penting sebagai subjek pembangunan dan menjadi agent of change untuk lingkungan sosial melalui partisipasi aktif pemuda dalam kegiatan sosial masyarakat.

Kita sebagai pemuda juga harus mempunyai kegiatan di era sosial ini, seperti menanamkan jiwa organisasi pada generasi muda lainnya, pelatihan dan pengembangan bisnis berbasis digital, kegiatan olahraga dan pelatihan kerjasama untuk persatuan generasi muda.

Kita sebagai pemuda harus mampu menghadapi kemajuan teknologi dan digitalisasi. Di era modern ini, kita harus mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial, mampu memanfaatkan teknologi secara optimal, bijak dalam menggunakannya, mendapatkan pendidikan dalam bidang teknologi, membuat inovasi dengan mengandalkan teknologi.

Sebagai pemuda, kita harus mempunyai peran dalam sebuah lingkungan sosial untuk membakar semangat generasi muda lainnya agar tetap menyala. Semangat dalam arti persatuan, persaudaraan, dan toleransi dalam memandang sebuah perbedaan, baik itu agama, ras, suku, dan budaya. Dengan upaya in,i tentu akan terbentuknya sebuah organisasi kepemudaan.

Adanya organisasi kepemudaan ini diharapkan mewadahi para pemuda untuk berperan aktif dalam rangka mendorong persatuan dan kesatuan bangsa,maupun di lingkungan sosial. Sebab pemuda merupakan bagian dari masyarakat yang berpotensi mendukung kepentingan nasional.

Begitu besarnya peran pemuda dalam melakukan sebuah perubahan ini sejalan dengan jargon Soekarno untuk membangkitkan semangat pemuda, “beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Oleh karena itu, kita sebagai pemuda penerus bangsa harus mengetahui secara cermat posisi kita, peran yang bisa dilakukan untuk menyongsong perubahan baik bagi negara. Kita harus menanamkan sifat kesosialan kita sebagai pemuda yang baik, agar kita bisa menularkan semangat tersebut ke generasi muda lainnya.

*Penulis merupakan Mahasiswi ITB Ahmad Dahlan Jakarta

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER