Jumat, 19 April, 2024

Jasa Marga Raih Tiga Penghargaan di Ajang Indonesia GCG VII-Risk Management V-Finance V Award 2023

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil memperoleh tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance (GCG) VII-Risk Management V-Finance V Award 2023 kategori Public Company yang diselenggarakan oleh Economic Review secara daring, Kamis (26/01).

Ketiga penghargaan yang berhasil Jasa Marga ialah 1st The Best Indonesia GCG 2023 kategori Public Company – Toll Roads, 1st The Best Indonesia Enterprise Risk Management 2023 kategori Public Company – Toll Roads dan 1st The Best Indonesia Finance 2023 kategori Public Company – Toll Roads.

Ketiga Penghargaan tersebut diterima oleh Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana yang mewakili manajemen Jasa Marga. Lisye mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dewan juri serta seluruh pihak yang terlibat dalam pemberian apresiasi oleh Economic Review.

“Hal ini merupakan bukti komitmen kami dalam menerapkan Good Corporate Governance pada proses bisnis perusahaan secara konsisten dan berkelanjutan serta menjalankan kinerja positif perusahaan yang tentunya berpengaruh terhadap peningkatan pelayanan operasional kepada pengguna jalan agar semakin optimal dan memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara,” ujar Lisye.

- Advertisement -

Di tahun ini, Indonesia GCG VII mengusung tema ”How to Compete in The Era De-globalization”, Finance V-Award 2023 dengan tema “Building Sustainable Capacity to Prepare for The Next Turbulance” dan Risk Management V dengan tema ”How to be Agile and Mitigate De-globalization Risk”. Ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Economic Review ini merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan yang dapat menerapkan GCG dengan baik, meningkatkan struktur dan mekanisme tata kelola, serta prinsip GCG.

Acara ini turut dihadiri oleh Pemimpin Umum Economic Review Hj. Irlisa Rachmadiana, SSn,MM, Tokoh & Dewan Penasehat Juri – GCG dan Risk Management, Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, Ketua Dewan Juri – Indonesia Finance Award -V-2023 Guru Besar Keuangan & Investasi, IPMI International Business School Prof. Ir. Roy Sembel MBA, Ph.D, CSA, CIB, CIIM dan Ketua Dewan Juri – Indonesia GCG Award – VIII & Risk Management Award-V-2023 Dekan FEB & FKD Universitas Pertamina Dr. Dewi Hanggraeni, MBA, CA, CACP.

Dalam sambutannya, Irlisa Rachmadiana menyatakan bahwa pemberian penghargaan ini merupakan hasil dari penilaian dewan juri melalui annual report, laporan keuangan dan laporan tahunan yang telah diterbitkan di tahun 2022 dari masing-masing perusahaan.

“Hasil yang diserahkan untuk penilaian dalam ketiga penghargaan ini, ialah hasil dari kinerja bulan Desember 2021 yang dipublikasi di tahun 2022. Penilaian tertentu memang tidaklah mudah bagi dewan juri bersama panitia dengan melakukan pengelompokkan di bidang asset, kelompok perusahaan publik dan non publik, perusahaan BUMN dan perusahaan dari pemerintah,” terang Irlisa.

Prestasi yang diraih oleh Jasa Marga adalah berdasarkan penilaian dewan juri yang terdiri dari berbagai pakar dan praktisi di berbagai institusi, terhadap kinerja perusahaan dalam mengelola risiko. Diantaranya adalah bagaimana Perusahaan dapat mengidentifikasi sumber risiko serta mengukur besarnya risiko perusahaan. Selain itu, sebuah perusahaan harus memiliki kebijakan dan prosedur manajemen risiko serta menetapkan batasan risiko.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER