Minggu, 28 April, 2024

Airlangga Ingatkan Kepala Daerah Tetap Waspadai Inflasi

MONITOR, Jakarta – Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan seluruh kepala daerah agar selalu waspada terhadap inflasi, karena terdapat 23 provinsi dengan tingkat inflasi di atas nasional pada Desember 2022 lalu.

Imbauan itu disampaikan Airlangga dalam agenda Rakornas Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA). Ia juga menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan tumbuh positif di kisaran 4,7-5,3 persen pada 2023.

“Saya juga mengingatkan, sebagaimana arahan Bapak Presiden, kepada seluruh kepala daerah agar mengoptimalkan belanja pusat dan daerah, serta berupaya meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri,” ucap Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Menurutnya upaya penanganan inflasi harus dilakukan secara bersama-sama baik dari kementerian/lembaga, pemerintah pusat maupun daerah.

- Advertisement -

“Kami menugaskan Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk terus memantau harga serta menjaga ketersediaan barang,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER