Minggu, 28 April, 2024

Tolak Pemilu Tertutup, PKS: Kami Tak Ingin Demokrasi Mundur

MONITOR, Jakarta – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu, menyatakan partainya bersama tujuh parpol lainnya sepakat untuk mempertahankan sistem proporsional terbuka dalam Pemilu 2024. Artinya, semua partai parlemen kecuali PDIP menolak sistem proporsional tertutup.

“Kami menolak proporsional tertutup dan memiliki komitmen untuk menjaga kemajuan demokrasi di Indonesia yang telah dijalankan sejak era reformasi,” ujar Syaikhu dalam keterangannya, Senin (9/1/2023).

Menurut Syaikhu, sistem pemilu proporsional tertutup merupakan kemunduran bagi demokrasi Indonesia. Di lain pihak, sistem pemilu proporsional terbuka merupakan perwujudan dari demokrasi yang berasaskan kedaulatan rakyat dimana dapat menentukan calon anggota legislatif yang dicalonkan Partai Politik.

“Kami tidak ingin demokrasi mundur,” tegas dia.

- Advertisement -

Dikatakan Syaikhu, sistem pemilu dengan proporsional terbuka merupakan pilihan yang tepat dan telah sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 22-24/PUU-VI/2008 pada 23 Desember 2008 yang sudah dijalankan dalam 3 (tiga) pemilu.

“Kami mengapresiasi kepada pemerintah yang telah menganggarkan anggaran Pemilu 2024 serta kepada penyelenggara Pemilu, terutama KPU, agar tetap menjalankan tahapan-tahapan Pemilu 2024 yang telah disepakati bersama,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER