Rabu, 1 Mei, 2024

Prajurit Kodim Depok Diminta Selalu Siaga Cek Aliran Sungai

MONITOR, Depok – Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan mengimbau seluruh prajuritnya untuk meningkatkan kesiapsiagaan mewaspadai petensi terjadinya bencana di sejumlah wilayah.

Imbauan tersebut disampaikan Elvino saat memberikan Jam Komandan (Jamdan) di Aula Makodim Depok, Jalan Pramuka Raya, Pancoran Mas, Selasa (03/01/2023).

“Saat ini Kota Depok dan sekitarnya masih memasuki musim penghujan. Karena itu seluruh (prajurit) Koramil untuk tetap waspada. Cek aliran sungai, cek setu yang ada di wilayah masing-masing,” katanya.

Selain mewaspadai banjir, Elvino juga meminta prajuritnya untuk mengimbau masyarakat agar mewaspadai bahaya listrik saat musim penghujan. Masyarakat diminta rutin untuk mengecek instalasi listrik.

- Advertisement -

“Cek di rumah, di kantor. Apabila ada kabel-kabel yang mungkin terkelupas atau telanjang. Jika ada, segera matikan listrik dari kWh meter, untuk menghindari bahaya tersengat listrik,” ungkapnya.

Elvino menyebut, salah satu indikator adanya kasus korban meninggal saat musim penghujan disebabkan sengatan listrik. Untuk itu diperlukan atisipasi terkait bahaya tersebut.

“Jika terjadi banjir, segera matikan MCB (meter circuit breaker), cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Tetap waspada, bantu kesulitan masyarakat,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER