Jumat, 26 April, 2024

Tanah Longsor Terjang Perumahan Taman Duta Depok, Ini Penyebabnya

MONITOR, Depok – Hujan deras yang mengguyur Kota Depok sejak Sabtu (31/12/2022) hingga Minggu (01/01/2023) mengakibatkan terjadinya tanah longsor di wilayah Kecamatan Sukmajaya.

Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, longsor terjadi pada Minggu (01/01/2023) di RT 02 RW 12 Perumahan Taman Duta, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya.

“Longsor terjadi Minggu (01/01) kemarin, ketika hujan deras. Kami langsung lakukan penanganan dengan melibatkan Satgas yang terdiri dari 10 personel dan dilanjut hari ini,” kata Citra, dalam keterangannya, dikutip Senin (02/01/2023).

“Saat ini pekerjaan dilakukan dengan pengangkatan material longsor sambil menunggu arahan lebih lanjut,” sambungnya.

- Advertisement -

Adapun longsor memiliki tinggi 2 meter dan panjang 10 meter. Menurut Citra, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, hanya saja reruntuhan longsor sedikit menutupi jalan yang ada di sebelahnya.

“Penyebab longsor, karena intensitas hujan tinggi akhir-akhir ini, sehingga struktur tanah dan bebatuan bergerak ke tempat yang lebih rendah,” ungkapnya.

“Pekerjaan ini menggunakan anggaran pemeliharaan, tidak ada target. Yang jelas harus sampai selesai,” jelasnya.

Citra pun berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi beberapa hari ke depan. Utamanya waspada terhadap potensi keretakan tanah yang bisa menimbulkan longsor.

“Kami meminta masyarakat untuk melapor jika ada potensi longsor ataupun banjir di wilayah mereka,” ujar Citra.

“Laporan bisa ditujukan ke Kantor Dinas PUPR yang berada di Jalan Raya Bogor Km 34,5, maupun via twitter di @DinasPUPR atau dinomor 082311835135. Nanti tim kami yang akan mengecek dan menindaklanjuti,” tuntasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER