Kamis, 2 Mei, 2024

Laba BUMN Meningkat, Kinerja Erick Thohir Tuai Pujian

MONITOR, Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir dalam rapat kerja bersama DPR RI, Senin 5 Desember 2022 mengatakan capaian laba BUMN selama tiga tahun mencapai sebesar Rp. 1.198 triliun. Bahkan, keuntungan laba konsolidasi BUMN mencapai Rp. 155 triliun (belum diaudit) hingga triwulan III 2022.

Catatan prestasi Erick Thohir 2022 ini mendapat apresiasi dan pujian dari Edy Torana, Ketua Umum Relawan Erick Thohir (Relawan ETOR). Menurut Edy, Menteri BUMN mampu tingkatkan laba BUMN, untuk 2021 kemarin kurang lebih Rp. 125 triliun.

Bahkan diperkirakan di kuartal III-2022 laba konsolidasi BUMN meningkat menjadi Rp. 155 triliun.

“Erick Thohir terbukti bekerja nyata dan layak diberikan apresiasi. Dimana ada keuntungan meningkat, dari awalnya sebesar Rp. 68 triliun dari kumulatif tiga tahun (2017-2019). Dari sebelumnya Rp. 125 trilliun meningkat menjadi Rp. 155 trilliun di kuartal III-2022,” ujar Edy dalam siaran pers, Rabu (28/12/2022).

- Advertisement -

Selama tiga tahun, kata Edy, Erick Thohir memang arsitek yang memiliki kapasitas, kapabilitas, integritas dan moralitas dalam membesarkan BUMN.

Ia mengatakan, capaian dan prestasi Erick Thohir ini bisa terus berlanjut sampai akhir jabatan 2024. Sebab Erick Thohir masih memiliki sisa waktu 2 tahun mengeksplorasi kemampuan terbaiknya membangun BUMN.

“Kemampuan Pak Erick Thohir tidak diragukan lagi dalam membesarkan BUMN dengan Visi AKHLAK-nya. Erick Thohir berhasil meningkatkan kapasitas moral pegawai BUMN secara akhlak, sehingga otomatis kapasitas laba BUMN juga meningkat,” imbuhnya.

Menurut Edy Torana, Erick Thohir berhasil meningkatkan laba konsolidasi BUMN pada triwulan III 2022. Yang sejatinya lebih besar, yakni mencapai Rp209 triliun karena adanya laba hasil restrukturisasi Garuda Indonesia yang mencapai sekitar Rp 54 triliun.

“Kalau bicara laba cash dan non cash yang digabungkan, tentunya menjadi tinggi sekali. Padahal tahun depan belum tentu ada yang non cash sebesar ini,” kata pengacara asal Kota Surabaya ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER