Sabtu, 20 April, 2024

Harbolnas 2022, Zulhas: Produk Lokal Layak jadi Incaran

MONITOR, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meluncurkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) hari ini, Kamis (8/12) di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta. Dalam sambutannya, Mendag Zulkifli Hasan menyatakan, Harbolnas digelar untuk mendorong penggunaan dan perdagangan produk-produk dalam negeri serta menjaga tingkat konsumsi domestik guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Deputi Koordinator Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Marves, Odo Manuhutu dan Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Plt. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kasan.

“Pertumbuhan persebaran produk lokal saat ini sangat signifikan. Mulai dari fesyen, kerajinan tangan, terlebih kuliner buatan pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) lokal memiliki kualitas yang juga semakin baik dan layak menjadi incaran para pecinta belanja online. Terlebih dengan adanya pesta diskon seperti yang ditawarkan Harbolnas akan mendorong perbaikan daya beli konsumen,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, perkembangan industri UMKM Indonesia yang tumbuh positif memberikan keyakinan capaian transaksi Harbolnas 2022 semakin signifikan. Program Harbolnas merupakan kolaborasi antara Pemerintah dan pelaku industri digital yang bertujuan menjaga konsumsi domestik terus tumbuh.

- Advertisement -

Konsumsi domestik menjadi pilar utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Menurut Mendag Zulkifli Hasan, Pemerintah dan pelaku usaha perlu saling mendukung dan berbagi tugas dalam menjalankan peran untuk mendorong konsumsi masyarakat.

Pemerintah mengambil peran dengan melakukan sosialisasi melalui berbagai media, sedangkan pelaku usaha menjalankan peran menyediakan berbagai entuk penawaran menarik seperti potongan harga dan bebas ongkir untuk menarik minat belanja masyarakat.

Harbolnas 2022 yang mengusung tema “Produk Lokal Meraja, Indonesia Jaya” akan berlangsung selama tiga hari yakni 10–11 Desember 2022 khusus untuk promo produk lokal. Sementara pada 12 Desember 2022, promo akan berlaku untuk semua produk. Untuk bisa melihat beberapa merchant unggulan dalam program ini, konsumen bisa mengunjungi situs web Harbolnas dan memilih merek yang diincarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER