Jumat, 29 Maret, 2024

Sandiaga Terpesona Keindahan Pulau Tawale Halmahera Selatan

MONITOR, Halmahera Selatan – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, terpesona dengan keindahan Pulau Tawale Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Didampingi Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik, Sandiaga Uno mengunjungi gugusan Pulau Tawale yang berada di Pulau Kasiruta, , Sabtu (26/11/2022).

Sandiaga Uno merasakan langsung wisata bawah laut yang ada di Maluku Utara itu, terutama di Kabupaten Halmahera Selatan. Destinasi wisata ini dapat ditempuh sekitar satu jam lamanya dari Pulau Bacan, Ibu Kota Kabupaten Halmahera Selatan.

Sandiaga dan Usman menyempatkan diri berenang dan mengayuh perahu kayak dalam kunjungannya di sekitar Gugusan Pulau Tawale. Di sana, Sandiaga Uno benar-benar mendapati ada pulau dengan daya tarik pendukung yang tak kalah indahnya dengan Raja Ampat di Papua Barat. Sehingga wajar jika kawasan tersebut pun dijuluki sebagai Raja Ampat Baru oleh para wisatawan.

- Advertisement -

Sandiaga Uno juga menceritakan pengalamannya berenang di Gugusan Pulau Tawale, yang menyajikan beraneka ragam biota laut sehingga menjadi suatu pengalaman yang sangat membekas dan berharga baginya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini terkesan dengan Pulau Tawale karena menyuguhkan hamparan hutan hijau serta air laut berwarna biru nan jernih.

“Ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Gugusan Pulau Tawale luar biasa indahnya, itu betul-betul ‘gate of heaven’ (pintu surga). Apalagi, Halmahera Selatan ini merupakan salah satu spot diving terbaik di dunia,” kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno mengatakan Halmahera Selatan tidak hanya memiliki Gugusan Pulau Tawale sebagai destinasi wisata bawah laut. Masih banyak lagi destinasi wisata bawah laut di Halmahera Selatan yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan sehingga bisa membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di Maluku Utara, khususnya di Halmahera Selatan.

“Saya melihat selain ekonomi berbasis sumber daya alam yang menjadi tulang punggung sekarang, kita juga harus kembangkan ekonomi berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif. Agar pergerakan ekonomi di Halmahera Selatan semakin meningkat dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” ujar Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menyebut keindahan Maluku Utara mengingatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang beraneka ragam, terutama kekayaan biota lautnya.

Terlebih di kawasan Indonesia Timur yang ternyata masih banyak daerah-daerah lain di Indonesia Timur yang punya potensi wisata bawah laut yang indah dan kaya, contohnya di Provinsi Maluku Utara.

“Maluku Utara tidak hanya dianugerahi dengan pemandangan permukaan laut yang indah serta dihiasi dengan gugusan kepulauan dan gunung, namun juga dilengkapi dengan keindahan bawah laut yang memesona yang bisa dijadikan daya tarik wisata unggulan,” tutur Sandiaga Uno.

Tidak hanya meninjau objek wisata, Sandiaga Uno juga menghadiri dan membuka Festival Barabose di Labuha. Ia berharap festival yang digelar Pemerintah Daerah dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu dia juga berharap terus berkolaborasi ciptakan inovasi agar terciptanya lapangan kerja.

“Festival ini diharapkan membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Saya akan usahakan Festival Barabose dijadikan event tahunan yang akan kita masukkan ke event nasional,” pungkas Sandiaga Uno.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER