Minggu, 29 Januari, 2023

5 Perbedaan Honda Vario 160 dengan 150 cc

MONITOR – Honda Vario 160 hadir memberikan sebuah energi dan gaya baru dalam revolusi desain, teknologi dan fitur canggih yang disematkan sesuai gaya berkendara saat kini.

Model skutik ini memberikan kesan premium sporti dengan tampilan desain layaknya matik besar yang mampu memberikan kepuasan bagi pengendaranya.

Berbekal mesin performa tinggi kapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power Plus (eSP+), serta memiliki teknologi minim gesekan menjadikan skutik premium sporti ini memberikan keseimbangan antara performa yang optimal dan kesempurnaan saat dikendarai.

Bagi Anda yang bingung apa bedanya Vario 160 dengan Vario 150, berikut ini penjelasan rincinya.

- Advertisement -

1. Dimensi Vario 160

Dimensi tipe Honda Vario 160 jika dibandingkan dengan tipe Vario 150 tentunya ukurannya jauh lebih besar. Bodi Honda Vario 160 tampak lebih lebih tebal dan berisi.

Panjangnya melebihi seri 150 dari 1.919 mm menjadi 1.929 mm, untuk lebar tetap 679 mm, terdapat perubahan tinggi dari 1.062 mm juga menjadi 1.088 mm.

Kemungkinan besar untuk peningkatan ketinggian ini akibat penggunaan ukuran ban yang jauh lebih besar sehingga dalam hal ini mampu menambah ketinggian motor Vario 160.

Pada bagian rangka Honda Vario 160 menggunakan platform baru yaitu eSAF yang sebelumnya sudah diterapkan pada Honda BeAT, Honda Scoopy serta Honda Genio.

Rangka ini lebih ringan sekitar 1,1 kilogram dari ukuran sasis sebelumnya. Tentunya hal ini untuk menjaga kestabilan dan kelincahan motor.

2. Menggunakan Mesin Terbaru

Bagian terpenting dari Honda Vario 160 adalah penggunaan mesin baru, sehingga dalam hal ini ada tambahan nomor 160 seperti halnya Honda PCX 160.

Sebenarnya kedua produk ini juga menggunakan mesin yang sama, yang berupa ESP+ yang dikonfigurasi pada 4-valve. Jadi, sebelumnya di tipe Honda Vario 150 masih ada eSP 2 katup biasa.

Bahkan kubikasi mesin juga mengalami peningkatan dari yang semula 149,3 cc menjadi 156,9 cc. Interior tetap SOHC dan berpendingin cairan.

Karena kapasitas isi silinder juga semakin baik, tenaganya pun bertambah dari 13,1 PS menjadi 15,4 PS. Namu  torsinya hanya naik sedikit menjadi 13,8 Nm.

3. Sistem Pengereman Terbaru

Fitur lain pada Vario 160 yaitu hadirnya rem cakram pada bagian roda belakang. Untuk Vario 150 tidak terdapat sistem pengereman ini.

Banyaknya usulan dari konsumen Honda Vario yang menginginkan rem cakram belakang membuat Vario 160 menambah fitur tersebut yang tentunya hal ini dapat memberikan kepuasan maksimal bagi para konsumen.

Selain itu, fitur terbaru dari vario ini tentunya akan menambah nilai estetika dari jenis motor ini. Karena saat ini masih jarang motor matic yang menggunakan cakram belakang.

Sehingga membuat motor vario 160 terbaru ini menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh semua kalangan.

4. Ukuran Ban Lebih Besar

Ban yang digunakan pada Honda Vario 160 ini jauh lebih besar dan lebar. Tujuannya agar menyesuaikan tampilan bodi yang gagah serta untuk menjaga kestabilan motor saat dikendarai supaya penyaluran tenaga dari arah mesin ke roda jauh lebih baik.

Ukuran ban bertambah dari yang awalnya untuk roda depan hanya 90/80 menjadi 100/80. Sedangkan ban belakang 100/80 menjadi 120/70.

5. Terdapat Fasilitas Charging Hp

Fitur tambahan yang sebelumnya tidak ada pada Vario 150 adalah fasilitas charging smartphone. Cukup sediakan kabel charger, Anda sudah bisa melakukan pengisian handphone.

Motor ini disediakan port USB tipe-A sehingga pengguna sepeda motor tidak perlu menyiapkan adaptor tambahan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER