Jumat, 29 Maret, 2024

Amanat Indonesia Dukung Anies, Eddy Soeparno: Tak Wakili PAN

MONITOR, Jakarta – Entitas PAN yang mengatasnamakan sebagai organisasi Amanat Indonesia (ANIES) yang mendeklarasikan dukungan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tidak mewakili PAN.

Pernyataan tegas itu dilontarkan Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno. Ia menegaskan tidak ada organisasi bernama Amanat Indonesia dalam tubuh PAN. Artinya deklarasi dukungan untuk Anies sebatas pribadi dan bukan mewakili PAN.

“Tidak ada organisasi sayap atau organisasi otonom di PAN yang bernama Amanat Indonesia,” tegas Eddy, Jumat (25/11/2022) di Jakarta.

Oleh karena itu, lanjut Eddy, pernyataan dari Amanat Indonesia adalah pandangan pribadi masing-masing dan tidak mewakili sikap partai.

- Advertisement -

“Pandangan pribadi tentu tidak mewakili entitas apapun apalagi partai politik dalam hal ini PAN,”imbuhnya.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini menyampaikan bahwa PAN sebagai organisasi memiliki mekanisme internal dalam menetapkan capres dan cawapres.

“Mekanisme organisasi sudah disusun dan tahapannya pun sudah dilakukan. PAN telah mengerucutkan 9 nama dan kemudian akan diambil menjadi 3 atau 5 nama dalam waktu dekat ini,” katanya.

Menurutnya, 3 atau 5 nama capres dari PAN itu kemudian akan dibahas bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan kemudian disepakati bersama sama sebelum nanti diumumkan kepada publik

“Semua mekanisme dan tahapan ini dilakukan dengan tertib dan disiplin organisasi,” demikian Eddy.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER