Jumat, 19 April, 2024

Sail Tidore Expo 2022 Dibuka, 90 UKM Binaan Makin Bergeliat

MONITOR, Tidore – Sail Tidore Expo 2022 resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Didi Sumedi, Kamis (24/11/2022) di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Rangkaian acara Sail Tidore ini menjadi stimulus untuk memperkuat perdagangan antarpulau.

Sail Tidore Expo 2022 yang berlangsung pada 24—29 November 2022 ini diikuti 90 unit usaha kecil dan menengah (UKM) binaan kementerian/lembaga yang berasal dari luar pulau dan Kota Tidore.

Sejumlah produk yang ditampilkan antara lain makanan dan minuman, fesyen dan aksesori, perawatan kesehatan (healthcare), energi terbarukan (renewable energy), jasa layanan digital perbankan, kosmetik, pariwisata, serta pendidikan.

Pembukaan Sail Tidore Expo 2022 ditandai pemukulan alat musik khas Maluku tifa secara bersama oleh Dirjen PEN, Didi Sumedi; Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim; Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Suhanto; dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Provinsi Maluku Utara, Abuhari Hamzah. Turut hadir dalam acara tersebut, Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra serta Kadislitbang Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI, Taufik Arif. Pembukaan Sail Tidore Expo diikuti acara peresmian pameran UMKM lokal oleh Walikota Tidore Ali Ibrahim dan Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto.

- Advertisement -

“Sail Tidore Expo 2022 yang diikuti usaha kecil dan menengah (UKM) yang berasal dari luar pulau dan Kota Tidore ini dapat dapat menstimulus semakin besarnya perdagangan antarpulau. Selain itu, perdagangan antarpulau (inter-island trade) dapat menjadi wadah transfer pengetahuan antara UKM,” jelas Didi yang juga Ketua Bidang Pameran Sail Tidore 2022.

Didi mengungkapkan, sebagai negara kepulauan dan populasi yang besar, perdagangan antarpulau menjadi sangat penting dalam pemerataan ekonomi nasional. “Pameran ini diharapkan menjadi momentum UKM sebagai penggerak ekonomi nasional dalam memanfaatkan kebangkitan ekonomi nasional,” ujar Didi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER